UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Peran Fleksibilitas Kognitif dan Orientasi Tujuan Berprestasi Approach-Based terhadap Resiliensi Akademik Mahasiswa Bidikmisi = The Role of Cognitive Flexibility and Approach-Based Achievement Goal Orientation towards Bidikmisi College Students Academic Resilience

Shafira Nurul Izzah; Stephanie Yuanita Indrasari, supervisor; Lucia R.M. Royanto, examiner; Dyah Triarini Indirasari, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Mahasiswa dengan faktor risiko status sosial ekonomi rendah cenderung mengalami hambatan dan tekanan akademik yang lebih besar dibandingkan mahasiswa lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah fleksibilitas kognitif dan approach-based goals memprediksi resiliensi akademik mahasiswa dengan status sosial ekonomi rendah. Penelitian bersifat korelasional dengan sampel mahasiswa Bidikmisi (N = 212). Alat ukur penelitian yang digunakan yaitu Cognitive Flexibility Inventory (CFI), subskala approach 3×2 Achievement Goal Questionnaire (AGQ), dan ARS-Indonesia. Hasil analisis regresi linear berganda antara fleksibilitas kognitif dan approach-based goals terhadap resiliensi akademik menunjukkan hasil yang signifikan (R2 = 0,411, p < 0,001). Fleksibilitas kognitif (β = 0,53, t = 8,91, p < 0,001), self-approach goals (β = 0,15, t = 2,02, p < 0,05) dan other-approach goals (β = 0,18, t = 2,09, p < 0,05) merupakan prediktor signifikan dari resiliensi akademik mahasiswa Bidikmisi. Spesifiknya fleksibilitas kognitif memiliki kontribusi variansi terbesar terhadap resiliensi akademik mahasiswa Bidikmisi (22,5%). Penelitian ini menunjukkan kontribusi fleksibilitas kognitif dan approach-based goals dalam menumbuhkan resiliensi akademik mahasiswa dengan status sosial ekonomi rendah (khususnya mahasiswa Bidikmisi).

College students with low socioeconomic status tend to experience psychological barriers which puts them at a greater academic stress than other college students. This study aims to determine whether cognitive flexibility and approach-based goals are able to predict the academic resilience of low socioeconomic college students. This is a correlational study using a sample of Bidikmisi college student (N = 212). Cognitive Flexibility Inventory (CFI), approach subscale of 3×2 Achievement Goal Questionnaire (AGQ), and ARS-Indonesia are used in this study. Multiple regression analyses shows that cognitive flexibility and approach-based goals significantly predicted academic resilience (R2 = 0,411, p < 0,001). Cognitive flexibility (β = 0,53, t = 8,91, p < 0,001), self-approach goals (β = 0,15, t = 2,02, p < 0,05), and other-approach goals (β = 0,18, t = 2,09, p < 0,05) are significant predictors of academic resilience. Specifically, cognitive flexibility is the utmost predictor with greater contribution to academic resilience (22,5%). This result shows the contribution of cognitive flexibility and approach-based goals in building the academic resilience of low socioeconomic college students (specially Bidikmisi college students).

 File Digital: 1

Shelf
 S-Shafira Nurul Izzah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 59 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-53016154 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920558423
Cover