Pangan organik lebih sehat dari pangan non-organik, namun peminatnya masih sedikit karena harganya yang lebih mahal. Konstruk yang merangkum penilaian konsumen terhadap harga pangan organik dan kemampuannya untuk membeli, yaitu persepsi kendala keuangan, masih kurang diteliti. Konsumen yang memiliki kesadaran kesehatan lebih tinggi mungkin memiliki persepsi kendala keuangan yang lebih rendah, karena mereka lebih mementingkan manfaat makanan bagi kesehatan dan rela mengeluarkan dana lebih besar untuk membeli makanan sehat. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kesadaran kesehatan, persepsi kendala keuangan, dan intensi membeli pangan organik. Penelitian dilakukan menggunakan kuesioner daring kepada 301 partisipan yang berusia minimal 18 tahun, berdomisili di Indonesia, dan setidaknya mengetahui atau pernah mengonsumsi pangan organik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran kesehatan tidak berhubungan dengan persepsi kendala keuangan. Persepsi kendala keuangan ditemukan berhubungan negatif dengan intensi membeli pangan organik. Artinya, konsumen yang lebih merasa terkendala secara keuangan memiliki intensi lebih rendah untuk membeli pangan organik.
Organic food is healthier than non-organic food, but not highly popular due to its higher price. The construct that includes both consumer’s evaluation of the price of organic food and their ability to buy it, which is perceived monetary barrier, is underresearched. Consumers who have higher health consciousness may have lower perceived monetary barrier because they put more priority on food’s benefit to health and are willing to pay more money to buy healthy food. So, this research aims to examine the relationship between health consciousness, perceived monetary barrier, and intention to purchase organic food. The research is done using online questionnaire to 301 participants who are at least 18 years old, live in Indonesia, and at least know or have consumed organic food. Research results show that health consciousness is not related to perceived monetary barrier. Perceived monetary barrier is found to have a negative correlation with intention to purchase organic food.