UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Profesi Ners Tentang Down Syndrome = Factors Related to the Level of Knowledge of Nurse Profession Students About Down Syndrome

Tika Dinda Istikomah; Allenidekania, supervisor; Efa Apriyanti, examiner; Rokhaidah, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Mahasiswa profesi ners sebagai calon perawat profesional diharapkan dapat memberikan asuhan yang komprehensif, termasuk pada anak down syndrome. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi pengetahuan mahasiswa profesi ners tentang down syndrome dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini termasuk deskriptif analitik dengan desain cross-sectional, dimana melibatkan 197 mahasiswa profesi ners di Jabodetabek yang direkrut online. Alat ukur penelitian menggunakan prenatal screening test for down syndrome yang telah di modifikasi. Data dianalisis dengan uji chi-square. Hasil penelitian, 112 responden (56,85%) berpengetahuan baik dan 85 responden (43,15%) berpengetahuan kurang. Hasil bivariat, tidak ada hubungan antara pengetahuan dengan usia (p-value = 0,464), pelatihan (p-value = 0,304), dan pengalaman kontak (p-value = 0,888). Faktor-faktor yang diteliti terbukti tidak mempengaruhi pengetahuan mahasiswa. Oleh karenanya, terdapat asumsi bahwa ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengetahuan mahasiswa tentang down syndrome.

Nursing student during professional stage as prospective professional nurses are expected to provide comprehensive nursing care, including for children with Down syndrome. This study was conducted to determine the knowledge of nursing profession students about Down syndrome and the factors that influence it. This study is a descriptive-analytic study with a cross-sectional design, involving 197 nursing professional students throughout Greater Jakarta who were recruited online. The size of this study used a modified prenatal screening test for Down's syndrome. Data were analyzed by chi-square test. The results showed that 112 respondents (56.85%) had good knowledge and 85 respondents (43.15%) had poor knowledge. In bivariate results, there is no relationship between knowledge and age (p-value = 0.464), training (p-value = 0.304), and contact experience (p-value = 0.888). The factors studied were proven not to affect students' knowledge. Therefore, there is an assumption that other factors affect students' knowledge about Down Syndrome.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Tika Dinda Istikomah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : libUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xix, 70 pages + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-70915355 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920558664
Cover