UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Partisipasi dalam Media Digital: Studi Kasus Program Studi Kolektif dalam Gudskul Ekosistem Seni Rupa = Participation in Digital Media: Case Study on the Study Collective Program in Gudskul FIne Arts Ecosystem during the Covid-19 Pandemic

Siagian, Jerusha Tallula; Aryo Danusiri, supervisor; Ezra Mahresi Choesin, examiner; Rhino Ariefiansyah, examiner; Iman Fachruliansyah, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Pandemi Covid-19 telah memengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, salah satunya adalah pendidikan. Pemerintah telah membuat upaya untuk meminimalisasi penyebaran virus tersebut dengan menerapkan pembelajaran jarak jauh atau PJJ sebagai sistem pembelajarannya. Mengikuti protokol dari pemerintah, sebuah ekosistem seni rupa yang bernama Gudskul terpaksa menyesuaikan sistem pembelajaran mereka untuk program Studi Kolektif dengan situasi saat itu, yaitu dengan kelas daring. Untuk menanamkan nilai partisipasi yang penting bagi moda pembelajarannya, Gudskul mengadakan praktik kolaborasi di antara 22 kolektif yang ikut serta dalam program ini. Hal tersebut didasarkan pada harapan untuk membuka peluang yang lebih besar dalam mengakses wawasan dan mengembangkan kemampuan para pesertanya. Dengan menjadikan media digital sebagai medium pembelajaran mereka, ada keraguan pada awalnya dari anggota komunitas Gudskul bahwa media digital tidak dapat memenuhi kebutuhan mereka untuk melancarkan program studi ini. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana nilai-nilai dan prinsip pembelajaran yang berbasis pada pengalaman, eksplorasi, dan partisipasi dapat mendukung komunitas Studi Kolektif Gudskul untuk memanfaatkan peluang dari media digital sebaik-baiknya ke dalam proses pembelajaran mereka.

Covid-19 pandemic has taken quite a toll on some aspects of the human lives, one of them is education. Regarding the education aspect, government has made an effort to minimalize the spread of the virus by applying online class as the learning system. Following the protocol from the government, an art ecosystem named Gudskul unwillingly has to adapt their usual learning system for their Collective Studies program to the current situation, which is online class. To instill the participation values that deemed as important for their study method, Gudskul held a collaborative practice within 22 collective that participated in this program. The collaborative practice is based on the hopes that it could open to a bigger opportunities for them to gain more insight and develop their skills. By using digital media as their new learning medium, there were doubts at first from the community members that digital media could not meet their needs to make the learning process for this study program go off without a hitch. This study aims to explain how their values and principle of learning that is based on experience, exploration, and participation could support the Gudskul Collective Studies community to take full advantage of the digital media's potential in their learning process.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Jerusha Tallula Siagian.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : volume
Deskripsi Fisik : xiii + 93 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-30063618 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920559059
Cover