UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Penerapan Terapi Kelompok Terapeutik dan Psikoedukasi Keluarga dalam Meningkatkan Tugas Perkembangan Berkarya dan Mencegah Masalah Psikososial Akibat Pandemi Covid-19 pada Anak Usia Sekolah = Application of Therapeutic Group Therapy and Family Psychoeducation in Improving Industry Development Tasks and Preventing Psychosocial Problems Due to the Covid-19 Pandemic in School-Age Children

Manumba, Ruliyani; Daulima, Novy Helena Catharina, supervisor; Yossie Susanti Eka Putri, supervisor; Shanti Wardaningsih, examiner; Masayu Rubianti, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Masalah psikososial akibat covid-19 dapat mengancam anak-anak yang berkontribusi pada gangguan jiwa di masa dewasa. Masalah psikososial pada anak akibat pandemi dapat berupa ketakutan, kesulitan, kecemasan, obsessive compulsive disorder, perubahan suasana hati, depresi, bahkan pikiran untuk bunuh diri. Perkembangan berkarya pada anak usia sekolah akan menunjang anak dalam berespons terhadap kondisinya. Tujuan penulisan karya ilmiah ini untuk mengetahui penerapan terapi kelompok terapeutik dan psikoedukasi keluarga dalam meningkatkan tugas perkembangan berkarya dan mencegah masalah psikososial akibat pandemi Covid-19 pada anak usia sekolah di RW 04 Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor. Metode yang digunakan adalah case series dengan menerapkan terapi kelompok terapeutik dan psikoedukasi keluarga pada 19 anak usia sekolah. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa terapi kelompok terapeutik dan psikoedukasi keluarga dapat meningkatkan tugas dan aspek perkembangan anak usia sekolah dan mencegah risiko masalah psikososial akibat pandemic covid-19. Intervensi ini direkomendasikan untuk meningkatkan perkembangan dan mencegah masalah psikososial akibat pandemic covid-19 pada anak usia sekolah.

Psychosocial problems due to COVID-19 can threaten children which contribute to mental disorders in adulthood. Psychosocial problems in children due to the pandemic can be in the form of fear, difficulty, anxiety, obsessive-compulsive disorder, mood swings, depression, even thoughts of suicide. Industry development in school-age children will support children in responding to their conditions. The purpose of this scientific paper was to find out the application of therapeutic group therapy and family psychoeducation in achieving industry development tasks and preventing psychosocial problems due to the Covid-19 pandemic in school-age children in RW 04 Tanah Sareal Village, Tanah Sareal District, Bogor City. The method used was a case series by applying therapeutic group therapy and family psychoeducation to 19 school-age children. The results indicated that therapeutic group therapy and family psychoeducation can improve the tasks and developmental aspects of school-age children and prevent the risk of psychosocial problems due to the COVID-19 pandemic. This intervention was recommended to improve development and prevent psychosocial problems due to the COVID-19 pandemic in school-age children.

 File Digital: 1

Shelf
 SP-Ruliyani Manumba.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : SP-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 57 pages : illustrations + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
SP-pdf 16-25-64329421 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920559260
Cover