UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis Perbandingan Pengaruh Wilayah Perencanaan Pembangunan LRT Jakarta terhadap Willingness to Pay dan Willingness to Shift = Comparative Analysis of the Influence of LRT Jakarta Development Planning Area on Willingness to Pay and Willingness to Shift

Naksatra Adhika Aswonoputro; Alvinsyah, supervisor; Silvanus Nohan Rudrokasworo, examiner; Robby Yudo Purnomo, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan pengaruh wilayah perencanaan pembangunan LRT Jakarta terhadap willingness to pay dan willingness to shift. Responden dalam penelitian ini adalah pelaku perjalanan yang wilayahnya tidak termasuk dalam perencanaan pembangunan LRT Jakarta. Penelitian yang dilakukan oleh Sirait (2020) dan Sianturi (2020) menjadi data pembanding sebagai responden yang masuk ke dalam wilayah perencanaan LRT Jakarta. Analisis yang digunakan berbasis model pemilihan diskrit logit binomial. Dalam pembentukan model, dibutuhkan fungsi utilitas dengan menggunakan analisis regresi pada karakteristik perjalanannya. Metode yang digunakan untuk mendapatkan karakteristik perjalanan responden adalah dengan Revealed Preference (RP) sedangkan metode Stated Preference (SP) digunakan pada responden untuk situasi yang bersifat hipotetikal. Data survei kemudian dilakukan uji korelasi spearman agar mendapatkan variabel untuk fungsi utilitas. Fungsi utilitas akan melalui uji kelayakan dengan metode chi-square yaitu uji Hosmer & Lemmeshow dan uji omnibus. Selanjutnya, model diuji validasi menggunakan metode Root Mean Square Error (RMSE). Model kemudian diurutkan berdasarkan kelayakan dan validasi terbaik. Model penelitian ini kemudian dibandingkan dengan model terbaik dari penelitian oleh Sianturi (2020) dan Sirait (2020) berdasarkan kelompok data yang telah dibuat. Metode perbandingan menggunakan uji Mann Whitney. Tujuan uji perbandingan adalah mengidentifikasi apakah model penelitian ini dapat mewakili kondisi penelitian yang dilakukan oleh Sianturi (2020) dan Sirait (2020). Nilai uji Mann whitney diatas 0.05 menunjukkan bahwa model dapat mewakili satu sama lain, begitu pula sebaliknya. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan model pengguna motor dan mobil tidak dapat diwakili karena memiliki nilai uji 0.028 dan 0.032. Sedangkan pengguna TJ-KRL dapat diwakili dengan nilai uji 0.058.

This study aims to analyze the comparison of the influence of the Jakarta LRT development planning area against Willingness to Pay and Willingness to Shift. The respondent in this study was a traveler whose territory was not included in the planning of Jakarta LRT development. Research conducted by Sirait (2020) and Sianturi (2020) became comparative data as respondents who entered the Jakarta LRT planning area. Analysis used based on discrete discrete logit binomial model. In the formation of the model, utility function is needed by using regression analysis on the characteristics of its journey. The method used to get the characteristics of the respondent's journey is by revealed preference (Rp) while the Stated Preference (SP) method is used in respondents for hypothetical situations. The survey data was then carried out the Spearman correlation test to get a variable for utility functions. The utility function will go through a feasibility test with the Chi-square method, namely the HOSMER & LEMMESHOW test and omnibus test. Furthermore, the model tested validation using the Root Mean Square Error (RMSE) method. The model is then sorted based on the best feasibility and validation. The research model is then compared to the best model of research by Sianturi (2020) and Sirait (2020) based on the data group that has been created. Comparison method using the Mann Whitney test. The aim of the comparison test is to identify whether this research model can represent research conditions conducted by Sianturi (2020) and Sirait (2020). The Mann Whitney test value above 0.05 shows that the model can represent each other, and vice versa. The results of the analysis of this study show that the model of the motor and car users cannot be represented because it has a test score of 0.028 and 0.032. While the TJ-KRL users can be represented by a test score of 0.058.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Naksatra Adhika Aswonoputro.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : ix, 105 pages : illustration + appendik
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-40180541 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920559895
Cover