UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Strategi dan Implementasi Public Relations dalam Membangun Komunikasi Internal Perusahaan (Studi PT MFM Tbk) = Strategy and Implementation of Public Relations in Building Company's Internal Communication (Study of PT MFM Tbk)

Yudha Pradhana; Nia Sarinastiti, supervisor; Kussusanti, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Komunikasi internal merupakan salah satu faktor penentu sebuah perusahaan untuk dapat meningkatkan engagement antar karyawan agar dapat berkolaborasi dalam mendukung produktivitas perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan implementasi public relations dalam membangun komunikasi internal perusahaan. Konsep dalam penelitian ini adalah public relations, komunikasi internal, dan strategi public relations. Metode penelitian adalah kualitatif dengan teknik wawancara mendalam terhadap key informan dan informan di antaranya public relations dan para karyawan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa public relations tidak hanya sebagai pelaksana strategi perusahaan tetapi juga berperan dan ambil andil dalam penyusunan strategi dalam membangun komunikasi internal perusahaan. Public relations melakukan tiga dari delapan aksi dari proactive strategy, yaitu audience engagement, special events, dan volunteerism. Tiga aksi tersebut dilakukan untuk dapat membangun komunikasi internal perusahaan sesuai dengan fokus dari tujuan yang ingin dicapai perusahaan. Public relations juga memperhatikan hal atau unsur-unsur penting sebelum melakukan aktivitas dari strategi tersebut sehingga komunikasi internal dapat berjalan dengan baik terutama dengan para karyawan meningkatkan engagement antar karyawan.

Internal communication is one of the determining factors for a company to be able to increase engagement between employees, to collaborate in supporting company productivity. This study aims to determine the strategy and implementation of public relations in building the company's internal communications. The concepts in this research are public relations, internal communication, and public relations strategy. The research method is qualitative with in-depth interview techniques to key informants and informants including public relations and employees. The results of the study indicate that public relations are not only an implementer of corporate strategy but also plays a role and takes part in formulating strategies in building company's internal communication. Public relations use three of the eight actions of a proactive strategy, namely audience engagement, special events, and volunteerism. The three actions were carried out to be able to build the company's internal communication in accordance with the focus of the goals the company wants to achieve. Public relations also pay attention to important things or elements before carrying out the activities of the strategy so that internal communication can run well, especially with employees, increasing engagement between employees.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Yudha Pradhana.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 58 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-25-08495613 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920560280
Cover