UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Melatih Regulasi Diri Anak Usia 4-6 Tahun melalui Intervensi Berbasis Hot Executive Function pada Masa Pandemi COVID-19 = Self Regulation Training for 4-6 Years Old Children using Hot Executive Function Intervention during COVID-19 Pandemic

Maria Jessica Alexandra S.; Donny Hendrawan, supervisor; Lia Mawarsari Boediman, examiner; Sianipar, Agnes Nauli Shirley W., examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Regulasi diri menjadi salah satu keterampilan penting yang dapat mencegah berkembangnya masalah perilaku anak. Fungsi eksekutif sebagai komponen dasar umumnya menjadi target intervensi dalam optimalisasi kemampuan regulasi diri. Di masa pandemi COVID-19, tantangan yang dialami anak lebih banyak melibatkan emosi dan motivasi untuk mengambil keputusan, akan tetapi tetapi belum ada penelitian yang meningkatkan regulasi diri pada konteks situasi afektif tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalisasi kemampuan regulasi diri anak melalui Hot EF yang bekerja pada situasi afektif. Tipe penelitian ini adalah eksperimental dengan melibatkan 62 partisipan berusia 4-6 tahun di area Jabodetabek yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen mendapatkan intervensi daring dengan pendekatan Attention Training Technique yang dimodifikasi menggunakan konsep Hot EF berupa kegiatan mendengarkan suara selama 15 menit untuk mendapatkan hadiah, sedangkan kelompok kontrol tidak mendapat perlakuan. Dilakukan pengukuran pretest dan posttest pada kelompok eksperimen maupun kontrol pada aspek Hot EF dan regulasi diri. Hasil uji analisis ANCOVA menunjukkan intervensi mampu meningkatkan kemampuan Hot EF anak yang diukur menggunakan Gift Delay Task, namun belum mampu meningkatkan kemampuan regulasi diri yang diukur menggunakan Self Regulation Questionnaire. Dengan demikian, penelitian ini memperluas referensi intervensi berbasis fungsi eksekutif yang dapat meningkatkan kemampuan Hot EF anak prasekolah.

Self regulation become one of the most needed skills in children to prevent the development of behavioral problems. Executive function as a basic component generally targeted for intervention to optimize self regulation abilities. During COVID-19 pandemic, children face challenges on the situation that involves emotion and motivation to make a decision. However, there has been no research so far that improve self regulation in the context of affective situation. The aim of this research is to optimize preschoolers’ self regulation through Hot EF that works on affective situation stimuli. This experimental research involves 62 participants at 4 to 6 years old age around Jabodetabek that were separated into two groups (experiment and control). The experiment group received an online Attention Training Technique-based intervention that modified by Hot EF concept. Participants were asked to listen to a 15 minute sound in order to get the reward. Besides, the control group didn’t receive any treatment. Measurement of Hot EF and self regulation was taken before (pre-test) and after the treatment (post-test). ANCOVA results showed that intervention were able to improve participant’s Hot EF ability as measured using the Gift Delay Task. However, there were no significant differences on participant’s self regulation as measured using Self Regulation Questionnaire. In conclusion, this research broadens research on executive function-based intervention that can improve Hot EF preschoolers abilities.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Maria Jessica Alexandra S..pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LIbUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 66 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-25-38391271 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920560343
Cover