UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Kajian Ergonomi Sarana Pendukung Proses Belajar Terhadap Keluhan Gangguan Otot Rangka Mahasiswa Pada Institusi Pendidikan X Tahun 2021 = Study on the Design of Supporting Facilities for the Learning Process on Complaints Skeletal Muscle Disorders of Students at Educational Institution X in 2021

Valyaty Frisa Aryadi; Indri Hapsari Susilowati, supervisor; Ridwan Zahdi Sjaaf, examiner; Chandra Satrya, examiner (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Kualitas pembelajaran yang baik dipengaruhi oleh karakteristik ruang kelas, dimana dalam sebuah ruang kelas harus memiliki sarana pendukung proses belajar minimal kursi, meja, papan tulis, dan LCD pyoyektor. Perancangan desain sarana pendukung proses belajar yang tidak sesuai prinsip ergonomi dapat menyebabkan risiko gangguan otot dan tulang rangka Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan memberi gambaran terkait ergonomic sarana pendukung proses belajar yang terdapat pada ruang kelas Institusi Pendidikan X. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa desain sarana pendukung proses belajar tidak sesuai dengan prinsip ergonomi dan menyebabkan keluhan gangguan otot rangka pada mahasiswa. Keluhan gangguan otot rangka dirasakan oleh 97,61% mahasiswa pada bagian-bagian tubuhnya karena berpostur janggal pada saat mereka belajar di ruang kelas sehingga diperlukan adanya langkah perbaikan dengan mendesain ulang sarana pendukung proses belajar yang ada dan atau menyerukan kepada mahasiswa agar memilih tempat duduk yang nyaman agar tidak mengeluhkan gangguan otot rangka.

Good learning quality is influenced by the characteristics of the classroom, wherein a classroom must have facilities to support the learning process, at least chairs, tables, blackboards, and LCD projectors. The design of supporting facilities for the learning process that is not following ergonomic principles can cause the risk of muscle and skeletal disorders. This study aims to examine and provide an overview of ergonomics related to the means of supporting the learning process contained in the classrooms of Educational Institution X. the learning process is not following the principles of ergonomics and causes complaints of skeletal muscle disorders in students. Complaints of skeletal muscle disorders were felt by 97.61% of students in their body parts due to awkward postures when they studied in the classroom so that corrective steps were needed by redesigning existing learning support facilities and or calling on students to choose seats that were suitable for the class. comfortable so as not to complain of skeletal muscle disorders.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Valyaty Frisa Aryadi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 71 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-25-58255286 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920560354
Cover