UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Perencanaan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Kunjungan Pasien Poli Gigi Rumah Sakit Satya Negara Tahun 2021-2025 = Marketing Strategy Planning to Increase Dental Patient Visits at Satya Negara Hospital

Risely; Adang Bachtiar, supervisor; Wahyu Sulistiadi, examiner; Anhari Achadi, examiner (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Menurut data dari Riskesdas (Hasil Riset Kesehatan Dasar) tahun 2018 mengatakan bahwa masalah gigi terbanyak adalahh gigi berlubang/karies yaitu hampir 45,3%. Sedangkan di Indonesia, sebagian besar penduduknya mengalami masalah kesehatan gigi mulut berupa gusi bengkak dan abses yaitu hampir 14%. Rumah sakit dalam memberikan pelayanan kesehatan sangat dituntut untuk dapat mengembangkan pelayanan dengan nilai lebih untuk masyarakat. Layanan kesehatan gigi dan mulut adalah salah satu jenis pelayanan yang disediakan oleh rumah sakit. Pemanfaatan poli gigi di RS Satya Negara masih cukup kurang, yang terlihat pada laporan 3 tahun terakhir terjadi penurunan jumlah kunjungan pasien poli gigi. Salah satu penyebabnya adalah belum adanya strategi permasaran khusus untuk poli gigi ini. Di era globalisasi ini, strategi pemasaran juga mengalami perkembangan pesat yaitu teori Marketing Mix yang beralih menjadi 4C di Marketing 4.0. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan kunjungan pasien poli gigi RS Satya Negara berdasarkan teori 4C dari Marketing 4.0. Penelitian ini adalah riset operasional dengan metode pengambilan data kuantitatif dan kualitatif pada bulan November 2020. Metode kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pasien poli gigi sesuai dengan kriteria inklusi dengan tujuan melihat perspektif konsumen mengenai 4C. Responden dari penelitian ini adalah 100 orang pasien poli gigi yang menjawab kuesioner melalui googleform yang disebarkan melalui aplikasi Whatsapp untuk mengetahui pendapat mereka mengenai 4C dari poli gigi RS Satya Negara. Sedangkan metode kualitatif dilakukan dengan wawancara mendalam dan Focus Group Discussion (FGD) dengan tujuan mengetahu faktor internal dan eksternal rumah sakit dan mendiskusikan strategi yang tepat untuk poli gigi. Sumber informan pada penelitian ini adalah Direktur, Kabag Penunjang Medis, Kabag Marketing, dan Ketua Poli Gigi. Hasil dari penelitian kuantitatif menunjukkan diketahui bahwa pasien setuju dengan adanya faktor 4C akan membuat mereka lebih tertarik untuk terus melakukan kunjungan dan perawatan ke poli gigi. Sedangkan dari hasil penelitian kualitatif, setelah mengidentifikasi dan melakukan pembobotan terhadap faktor internal dan eksternal dari poli gigi RS Satya Negara, rumah sakit ini terletak pada sel V dari Internal External Matrix (IE Matrix) dengan strategi yang tepat adalah product development dan market penetration. Kemudian melalui TOWS Matrix didapatkan beberapa strategi altenatif, dan setelah dilakukan skoring dengan QSPM Matrix, strategi yang paling tepat adalah Pengoptimalan kepuasan pelanggan dengan meningkatkan fasilitas sistem informasi layanan poli gigi, seperti e-medical record, pendaftaran online, dan media promosi online seperti website dan social media.

According to data from Riskesdas (Hasil Riset Kesehatan Dasar) in 2018, it was stated that the most dental problems were cavities / caries, which was almost 45.3%. Meanwhile in Indonesia, most of the population has oral health problems in the form of swollen gums and abscesses, which is almost 14%. Hospitals in providing health services are highly demanded to be able to develop services with added value for the community. Dental and oral health services are one of the types of services provided by the hospital. The use of dental polyclinic at Satya Negara Hospital is still lacking, as seen in reports in the last 3 years there has been a decrease in the number of visits by dental polyclinic patients. One of the reasons is the absence of a specific marketing strategy for this dental polyclinic. In this era of globalization, the marketing strategy has also experienced rapid development, namely the theory Marketing Mix which has switched to 4C in Marketing 4.0. Therefore, the aim of this study is to develop an appropriate marketing strategy to increase the visit of Satya Negara Hospital dental polyclinic patients based on the 4C theory of Marketing 4.0. This research is an operational research using quantitative and qualitative data collection methods conducted in November 2020. The quantitative method is carried out by distributing questionnaires to dental polyclinic patients according to the inclusion criteria with the aim of seeing consumer perspectives regarding 4C. Respondents of this study were 100 dental patients who answered a questionnaire via googleform which was distributed through the Whatsapp aplication to find out their opinion about 4C from the dental polyclinic of Satya Negara Hospital. While the qualitative method is carried out by in-depth interviews and Focus Group Discussion (FGD) with the aim find out the internal and external factors of the hospital and discuss proper strategies for dental polyclinic. Sources of informants in this study were the Director, Head of Medical Support, Head of Marketing, and Head of the Dental Polyclinic. The results of the quantitative study show that it is known that patients agree that the presence of the 4C factor will make them more interested in continuing to make visits and treatment to the dental polyclinic. Meanwhile, from the qualitative research results, after identifying and weighting the internal and external factors of the Satya Negara Hospital dental polyclinic, the hospital is located in cell V of the Internal External Matrix (IE Matrix) with the proper strategies are product development and market penetration. Then through the TOWS Matrix, several alternative strategies were obtained, and after scoring with the QSPM Matrix, the most appropriate strategy was optimizing customer satisfaction by improving dental poly service information system facilities, such as e-medical records, online registration, and online promotional media such as websites and social media.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Risely.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LIbUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 100 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-25-52832350 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920560423
Cover