UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Peran Mediasi Regulasi Emosi terhadap Hubungan Mindfulness dan Impulsivitas pada Siswa SMA = The Mediating Effect of Emotion Regulation on The Relationship of Mindfulness and Impulsivity of High School Students

Karisa Elisabeth Lokita; Siahaan, Frieda Maryam Mangunsong, supervisor; Pratiwi Widyasari, supervisor; Wahyu Indianti, examiner; Eva Septiana, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Masa remaja, terutama pada usia SMA, adalah periode usia yang menantang. Sebagai periode transisi dari anak menuju dewasa, ada beberapa perubahan menantang yang harus dihadapi oleh remaja. Salah satu perubahan tersebut adalah remaja menjadi lebih rentan mengambil risiko dan lebih impulsif. Jika dibiarkan, meningkatnya impulsivitas dapat mempengaruhi kinerja akademis mereka di sekolah secara negatif. Salah satu cara remaja dapat mengelola impulsivitas adalah dengan kemampuan mindfulness; dan, hubungan antara mindfulness serta impulsivitas dapat dimediasi oleh regulasi emosi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah regulasi emosi memiliki peran mediasi pada hubungan antara mindfulness dan impulsivitas siswa SMA. Partisipan pada penelitian ini adalah siswa SMA Indonesia yang berusia 15-18 tahun (N=390). Hasil menunjukkan bahwa regulasi emosi memediasi hubungan antara mindfulness dan impulsivitas secara parsial (ab = -.113, BootSE = 0.021, BootCI 95% [-0.156, -0.074]). Mindfulness ditemukan meningkatkan kemampuan regulasi emosi dan mengurangi impulsivitas pada siswa SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan mindfulness di sekolah dapat memberikan efek positif kepada siswa SMA.

Adolescents, especially those in high school, face a challenging time period. As a period of transition from childhood to adulthood, adolescents need to face a couple of challenging changes. One of the changes is adolescents becoming more impulsive and prone to taking risks. Impulsivity in adolescents can affect their academic achievements in school negatively. Mindfulness has been found to be one of the ways to regulate impulsivity, and emotion regulation can play in a role in facilitating that relationship. This research aims to find whether emotion regulation mediates the relationship between mindfulness and impulsivity on high school students. Participants of this research are Indonesian high school students, aged 15-18 (N=390). Results showed that emotion regulation partially mediated the relationship between mindfulness and impulsivity (ab = -.113, BootSE = 0.021, BootCI 95% [-0.156, -0.074]). Mindfulness increases emotion regulation skills, which in turn decreases impulsivity in high school students. Results showed that the usage of mindfulness in school could have a positive effect with high school students.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Karisa Elisabeth Lokita.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 68 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-25-12389089 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920560763
Cover