UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Kriteria Pemilihan Pemasok pada Usaha Kecil Menengah Pakaian Jadi di Indonesia = Supplier Selection Criteria in Indonesia's Apparel Small and Medium Enterprises

Nadhilah Hidayah Suryanto; Rahmat Nurcahyo, supervisor; M. Dachyar, supervisor; Djoko Sihono Gabriel, examiner; Fahrizal, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Pertumbuhan ekonomi Indonesia, seperti yang dapat dilihat pada pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB), dipengaruhi oleh berbagai aspek industri, salah satnya adalah industri pakaian jadi dan tekstil. Peran dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia pun turut memberikan dampak yang sangat besar pada Produk Domestik Bruto Indonesia dengan tingkat kontribusi sebesar 57.8% pada tahun 2018. Selain itu, peran UMKM pada sektor pakaian jadi juga diprediksi memiliki dampak yang signifikan pada pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depannya. Permasalahan pemilihan pemasok pada UKM merupakan salah satu permasakahan yang krusial bagi perkembangan bisnis, namun hanya sedikit UKM Pakaian Jadi di Indonesia yang telah memiliki acuan formal dalam pemilihannya. Dalam mengatasi hal ini, penelitian tesis dilakukan dengan melakukan survey kepada para pakar dalam bidang UKM Pakaian Jadi di Indonesia melalui penyebaran kuisioner Delphi untuk mendapatkan kriteria yan dianggap penting dalam pemilihan pemasok. Suatu set kriteria baru berdasarkan hasil metode Delphi di validasi dengan mentranslasikan hasil penilaian ke dalam nilai triangular fuzzy number. Metode AHP digunakan untuk mendapatkan bobot kepentingan dari kriteria-kriteria terpilih. Berdasarkan hasil dari penelitian, dapat disimpulkan terdapat 29 subkriteria dari 10 kriteria yang penting bagi UKM Pakaian Jadi di Indonesia dalam pemilihan pemasoknya.

Indonesia’s economic growth as reflected in the country’s Gross Domestic Product (GDP) contributed by various aspects of Industry, the Apparel and Textile Industry is no exception. The role of Small and Medium Enterprises (SME) in Indonesia also gives a huge impact on Indonesia’s Gross Domestic Product with a contribution of 57.8% in 2018. Since the SMEs in the Apparel sector are predicted to have a significant role in the future of Indonesia’s economic growth, its business strategy needs to be improved. SMEs supplier selection is one of the supply chain stages that crucial to its business but only a few Apparel SMEs have a formal supplier criteria reference to be followed. To address this, this research conducted a survey among experts in Apparel SMEs in Indonesia through Delphi questionnaires to get the criteria that used in supplier selection decision making. The new set of criteria based on Delphi method’s result then being validated by translates the expert’s judgement into the triangular fuzz number.  Then the Analytical Hierarchy Process will be used to get the importance rank of the proposed criteria. As a result of this study, there are 29 subcriteria under 10 criteria that crucial for Indonesia’s Apparel SMEs in selecting their supplier.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Nadhilah Hidayah Suryanto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 62 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-25-42400850 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920560911
Cover