UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengembangan Model Reformasi Kebijakan Sistem Logistik Nasional untuk Menekan Biaya Logistik pada Sektor UMKM = Development Of National Logistics System Policy Reform Model To Reduce Logistics Costs In MSME Sector

Muhammad Rizky Prakoso; Mohammed Ali Berawi, supervisor; Leni Sagita Riantini, examiner; Ayomi Dita Rarasati, examiner; Rossy Armyn Machfudiyanto, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Sistem logistik nasional masih terdapat kendala, salah satunya adalah mahalnya biaya logistik di Indonesia. Pada tahun 2018 Indonesia berada di peringkat ke-46 dengan skor 3,15 menurut data Logistic Parameter Index (LPI).  Hal tersebut berdampak pada kemampuan daya saing sektor industri khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan produk dan jasa yang ditawarkan oleh negara lain. Biaya logistik yang tinggi berdampak pada harga produk dan jasa di pasaran. Sehingga menyebabkan daya beli masyarakat berkurang, terutama di daerah pedesaan. Supaya industri di sektor UMKM dapat bertumbuh, pemerintah perlu melakukan perubahan untuk menekan biaya logistik yang tinggi dengan memperbaiki sistem logistik nasional. Perbaikan sistem logistik nasional dengan reformasi kebijakan logistik diperlukan untuk menekan biaya logistik sehingga industri nasional dapat berkembang dan meningkatkan perekonomian Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi kinerja sistem logistik berdasarkan kebijakan pemerintah dan merekomendasikan model perbaikan sistem logistik. Hasilnya didapatkan bahwa komponen biaya logistik tertinggi yaitu biaya pelayaran dan biaya trucking. Model perbaikan yang direkomendasikan pada penelitian ini adalah penerapan insentif Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan Short Sea Shipping (SSS) dalam pulau.

The national logistics system still has constraints, one of them is the high cost of logistics in Indonesia. In 2018 Indonesia was ranked 46th with a score of 3.15 according to Logistic Parameter Index (LPI) data.  This has an impact on the competitiveness of the industrial sector, especially Micro Small and Medium Enterprises (MSMEs) with products and services offered by other countries. High logistics costs have an impact on the price of products and services in the market. Thus causing the purchasing power of the community to decrease, especially in rural areas. In order for industries in the MSME sector to grow, the government needs to make changes to reduce high logistics costs by improving the national logistics system. Improvement of the national logistics system with logistics policy reforms is needed to reduce logistics costs so that the national industry can develop and improve the Indonesian economy. This study aims to evaluate the performance of logistics systems based on government policy and recommend a model of improvement of logistics systems. The result was obtained that the highest logistics cost component are the shipping cost and trucking cost. The improvement model recommended in this study are the application of Non-Tax State Revenue (PNBP) and Short Sea Shipping (SSS) intra island.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Muhammad Rizky Prakoso.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 135 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-25-70812967 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920561340
Cover