UI - Skripsi Membership :: Back

UI - Skripsi Membership :: Back

Peran Dukungan Sosial yang dipersepsikan terhadap tingkat Distres Psikologis dengan sense of belongingness sebagai moderator pada mahasiswa = The role of perceived social support for psychological distress with a sense of belonging as a moderator for students

Chyntia Paramitha Azka; Sugiarti A. Musabiq, supervisor; Guritnaningsih, examiner; Mita Aswanti Tjakrawiralaksana, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020)

 Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana dukungan sosial yang dipersepsikan dapat mempengaruhi distres psikologis dengan sense of belongingness sebagai moderator pada mahasiswa. Mahasiswa yang sedang beradaptasi dengan lingkungan perkuliahan memiliki kecenderungan untuk mengalami distres psikologis. Efek dari distres psikologis sendiri dapat diminimalisir dengan adanya dukungan sosial dari keluarga, significant other dan kelompok pertemanan. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa sense of belongingness pada mahasiswa dapat memperkuat peran dukungan sosial dalam menurunkan distres psikologis. Partisipan dalam penelitian ini berusia 18-25 tahun (N=780, M = 20,7) yang merupakan mahasiswa di pulau Jawa . Peneliti menggunakan alat ukur Hopkins Symptom Checklist (HSCL-25) untuk mengukur variabel distres psikologis, Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS-12) untuk mengukur variabel dukungan sosial, dan Sense of Belongingness Scale (SBS-26). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa distres psikologis berkorelasi negatif dengan dukungan sosial, serta variabel sense of belongingness hubungan antara dukungan sosial dan distres psikologis dengan nilai sebesar p = 0.7913 > 0,05, yang artinya variabel sense of belongingness tidak memoderasi hubungan antara dukungan sosial yang dipersepsikan terhadap distres psikologis.
This study aims to see how perceived social support can influence psychological distress with a sense of belonging as a moderator in students. Students who are adapting to the college environment have a tendency to experience psychological distress. The effects of psychological distress itself can be minimized by the presence of social support from family, significant other and friendship groups. Previous research has found that a sense of belonging to students can strengthen the role of social support in reducing psychological distress. Participants in this study were 18-25 years old (N = 780, M = 20.7) who were students on the island of Java. Researchers used the Hopkins Symptom Checklist (HSCL-25) measurement tool to measure psychological distress variables, the Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS-12) to measure social support variables, and the Sense of Belongingness Scale (SBS-26). The results of this study indicate that psychological distress has a negative correlation with social support, and the sense of belongingness with a value of p = 0.7913> 0.05, which means that the sense of belongingness variable does not moderate the relationship between perceived social support and psychological distress.

 Digital Files: 1

Shelf
 S-Chyntia Paramitha Azka.pdf :: Download

LOGIN required

 Metadata

Collection Type : UI - Skripsi Membership
Call Number : S-pdf
Main entry-Personal name :
Additional entry-Personal name :
Additional entry-Corporate name :
Study Program :
Subject :
Publishing : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
Cataloguing Source LibUI ind rda
Content Type text
Media Type computer
Carrier Type online resource
Physical Description 35 pages : illustration + appendik
Concise Text
Holding Institution Universitas Indonesia
Location Perpustakaan UI
  • Availability
  • Review
  • Cover
Call Number Barcode Number Availability
S-pdf 14-25-80982228 TERSEDIA
Review:
No review available for this collection: 9999920563337
Cover