UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Asuhan Keperawatan Keluarga pada Klien dengan Anak Usia 3-5 Tahun dengan Penerapan Sensory Play untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus = Family Nursing Care for Clients with Children Aged 3-5 Years with the Application of Sensory Play to Improve Fine Motor Development

Shofwah Nur Athallah; Dwi Cahya Rahmadiyah, supervisor; Wiwin Wiarsih, examiner; Fahrizal, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Perkembangan pada masa balita adalah perkembangan yang menjadi dasar untuk  pendidikan anak dimasa mendatang. Balita yang mengalami keterlambatan perkembangan akan berdampak pada kehidupan bersosialnya yang menyebabkan balita menjadi rendah diri. Capaian perkembangan berupa kemampuan motorik, bicara dan bahasa serta sosialisasi membantu anak tumbuh secara menyeluruh. Upaya untuk mencapai perkembangan yang sesuai dengan usia dapat dilakukan dengan menstimulasi sedini mungkin. Intervensi dilakukan kepada Anak Z dengan masalah keperawatan risiko keterlambatan perkembangan pada aspek motorik halus dan sosialisasi dan kemandirian. Keterlibatan keluarga menjadi salah satu aspek keberhasilan perkembangan dalam memberikan stimulasi. Pemberian intervensi sensory play menjadi salah satu intervensi untuk meningkatkan perkembangan anak. Setelah dilakukan intervensi sebanyak enam kali, dapat disimpulkan bahwa intervensi sensory play efektif dalam membantu meningkatkan perkembangan Anak Z.

Development during the toddler years is development that becomes the basis for a child's future education. Toddlers who experience developmental delays will have an impact on their social life, causing them to have low self-esteem. Developmental achievements in the form of motor skills, speech, and language, as well as socialization, help children grow as a whole. Efforts to achieve age-appropriate development can be done by stimulating it as early as possible. Intervention was carried out for Child Z with nursing problems and a risk of developmental delays in aspects of fine motor skills, socialization, and independence. Family involvement is one aspect of successful development in providing stimulation. Providing sensory play intervention is one intervention to improve children's development. After carrying out the intervention six times, it can be concluded that the sensory play intervention was effective in helping improve Child Z's development.

 File Digital: 1

Shelf
 PR-Shofwah Nur Athallah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : PR-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 68 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
PR-pdf 16-25-24818826 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920564542
Cover