UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis Peningkatan Kualitas Air Minum Dalam Kemasan AQUA Menggunakan Metode Importance Performance Analysis & Quality Function Deployment = Quality Improvement Analysis of AQUA Using Importance Performance Analysis and Quality Function Deployment Methods

Silo, Judica Theoniti Freira; M. Dachyar, supervisor; Novandra Rhezza Pratama, examiner; Danu Hadi Syaifullah, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Banyaknya merek air minum dalam kemasan (AMDK) membuat market share AQUA, sebagai pelopor AMDK di Indonesia, mengalami penurunan. Salah satu penyebab penurunan ini adalah kualitas yang menurun dan kalah bersaing dengan kompetitor. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan startegi untuk kembali meningkatkan kualitas agar nantinya AQUA dapat kembali mengembalikan market share-nya. Penelitian akan menggunakan 8 Dimensi Kualitas serta metode Importance Performance Analysis, dan Quality Function Deployment. Delapan dimensi kualitas nantinya akan diturunkan menjadi atribut-atribut kualitas yang dinilai tingkat ekspektasi dan persepsinya oleh konsumen. Setelahnya hasil kuisioner yang telah dinilai konsumen akan dipetakan melalui Importance Performance Analysis untuk melihat atribut mana saja yang perlu menjadi fokusan untuk ditingkatkan. Atribut yang menjadi fokusan akan dimasukkan ke dalam QFD Fase 1 untuk dijawab melalui Technical Requirements, begitu seterusnya hingga didapatkan Production Operations Planning pada QFD Fase 4 untuk dikembangkan menjadi startegi. Hasilnya, terdapat 5 atribut kualitas yang masuk ke dalam kuadran "Concentrate Here" dan perlu menjadi fokusan untuk dilakukan peningkatan. Ke-5 atribut tersebut kemudian dijawab oleh 6 roduction Operations Planning yang didapatkan dan dikembangkan menjadi strategi yang bertujuan untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas AQUA.

The increasing number of bottled drinking water brands has led to a decline in AQUA's market share. This decline is attributed to a perceived drop in quality, making it less competitive compared to its rivals. This study aims to develop strategies to enhance quality, enabling AQUA to regain its market share. The research employs the 8 Dimensions of Quality, along with the Importance Performance Analysis and Quality Function Deployment methods. These eight dimensions are translated into quality attributes, which are assessed based on consumer expectations and perceptions. The results of the consumer evaluations are mapped using Importance Performance Analysis to identify the attributes that require the most attention and improvement. These prioritized attributes are then incorporated into QFD Phase 1, where they are addressed through Technical Requirements, progressing through subsequent phases until Production Operations Planning is developed in QFD Phase 4 and refined into actionable strategies. The findings reveal five quality attributes positioned in the "Concentrate Here" quadrant, highlighting the areas that require immediate improvement. These five attributes are addressed through six Production Operations Planning initiatives, which are then developed into strategies aimed at sustaining and enhancing AQUA's quality.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Silo, Judica Theoniti Freira.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 152 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-68329415 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920564642
Cover