UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Efikasi Karier sebagai Mediator: Hubungan Antara Persepsi Orang Tua - Anak Terkait Dukungan Orang Tua dengan Aspirasi Karier Siswa SMA = Career Efficacy as a Mediator: Relationship between the Parent-Child Perceptions of Parental Support and Career Aspiration Among High School Students

Gita Dwi Praramadhanti; Linda Primana, supervisor; Rose Mini Agoes Salim, examiner; Eva Septiana, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2025)

 Abstrak

Dinamika bentuk dukungan orang tua merupakan salah satu faktor kontekstual yang berpengaruh terhadap aspirasi karier siswa SMA. Namun, kompleksitas dinamika tersebut dapat dipengaruhi oleh perbedaan persepsi orang tua - anak, perbedaan bentuk dukungan yang dilaporkan, serta adanya efek mediasi dari efikasi karier yang dapat mempengaruhi hubungan tersebut. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis hubungan antara bentuk dukungan orang tua dan aspirasi karier siswa SMA yang dimediasi oleh efikasi karier dengan menggunakan kerangka teori Social Cognitive Career Theory (SCCT). Penelitian ini juga mengeksplorasi perbedaan persepsi dukungan orang tua yang dilaporkan oleh orang tua dan siswa melalui pendekatan person-centered, dimana dukungan orang tua dikategorikan berdasarkan bentuk dukungan orang tua yang dilaporkan dan berdasarkan kesesuaian persepsi antara orang tua dan anak. Data partisipan diperoleh dari 264 siswa kelas 3 SMA di daerah Jabodetabek, beserta 264 data dari orang tua dari siswa terkait. Analisis data dilakukan dengan teknik korelasi Pearson dan regresi mediasi menggunakan Hayes PROCESS Macro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peran efikasi karier sebagai mediator dalam hubungan antara dukungan orang tua dan aspirasi karier siswa pada tiap profil kategori dinamika bentuk dukungan orang tua, dimana peran mediasi tersebut signifikan pada kelompok Kurang Terlibat dan tidak signifikan pada kelompok Interferensi. Hasil studi ini juga memberikan gambaran dinamika pengaruh bentuk dukungan orang tua terhadap tingkat efikasi karier dan aspirasi karier. Temuan ini memberikan wawasan bagi pengembangan bimbingan karier di dalam keluarga serta memberikan implikasi praktis bagi orang tua, konselor, serta pendidik dalam mendukung perencanaan karier siswa.

The dynamics of parental support are one of the contextual factors that influence high school students' career aspirations. However, the complexity of these dynamics can be influenced by differences in parent-child perceptions, differences in reported forms of support, and the mediation effect of career efficacy that may affect the relationship. This study aims to analyze the relationship between parental career-related support and high school students' career aspirations mediated by career efficacy using the theoretical framework of social cognitive career theory (SCCT). This study also explores differences in perceptions of parental support reported by parents and students through a person-centered approach, where parental support is categorized based on the types of parental career-related support reported and based on the congruence of perceptions between parents and children. Participant data were obtained from 264 third-grade high school students in the Jabodetabek area, along with 264 data from the parents of the students. Data analysis was carried out using the Pearson correlation technique and mediation regression using Hayes PROCESS Macro. The results of the study indicate that there are differences in the role of career efficacy as a mediator in the relationship between parental support and students' career aspirations in each profile category of the dynamics of parental career-related support types, where the mediation role is significant in the "Kurang Terlibat" profile and not significant in the "Interferensi" group. This study also provides an overview of the dynamics of the influence of parental career-related support types on the level of career efficacy and career aspirations. These findings provide insight into the development of career guidance within the family and provide practical implications for parents, counselors, and educators in supporting students' career planning.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Gita Dwi Praramadhanti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2025
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ida rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 81 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-25-55289615 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920565088
Cover