UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Peran Moderasi Optimisme Karir pada Hubungan Efikasi Diri dalam Pengambilan Keputusan Karir terhadap Kesejahteraan Subjektif pada Guru = The Moderation Role of Career Optimism on the Relationship of Career Decisions Self-Efficacy to Subjective Well-Being in Teachers

Dian Asri Citraningrum; Linda Primana, supervisor; Puji Lestari Suharso, examiner; Rizka Halida, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Rendahnya kesejahteraan subjektif guru yang ditandai oleh tingginya stres dan rendahnya kepuasan hidup akibat dari beban kerja yang tinggi berdampak buruk terhadap kinerja, pembelajaran siswa, hingga niat berhenti bekerja. Sementara itu, efikasi diri dalam pengambilan keputusan karir dan optimisme karir ditemukan dapat mempengaruhi kesejahteraan subjektif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat peran moderasi optimisme karir pada hubungan efikasi diri dalam pengambilan keputusan karir terhadap kesejahteraan subjektif pada guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penelitian didapatkan dari 190 guru. Pengukuran kesejahteraan subjektif dilakukan dengan menggunakan Satisfaction With Life Scale dan Scale of Positive And Negative Experiences. Efikasi diri dalam pengambilan keputusan karir diukur dengan Career Decision Self Efficacy- Short Form dan optimisme karir diukur dengan Career Optimism Subscale dari Career Future Inventory. Hasil penelitian yang dianalisis dengan uji moderasi tidak menemukan adanya efek interaksi atau peran moderasi dari optimisme karir terhadap hubungan efikasi diri dalam pengambilan keputusan karir dan kesejahteraan subjektif. Hasil penelitian ini memberikan manfaat bagi saran penelitian selanjutnya, dan manfaat praktis bagi stakeholder, pendidik dan tenaga kependidikan, praktisi pendidikan, satuan dan lembaga pendidikan, dan instansi terkait untuk meningkatkan kesejahteraan guru.

Teachers' low subjective well-being, characterized by high stress and low life satisfaction as a result of high workload, has a negative impact on performance, student learning, and intention to quit. Meanwhile, self-efficacy in career decision making and career optimism are found to affect subjective well-being. This study aims to see if there is a moderating role of career optimism on the relationship of career decision self-efficacy to subjective well-being in teachers. This study uses a quantitative approach. Research data were obtained from 190 teachers. Subjective well-being measurements were made using the Satisfaction With Life Scale and the Scale of Positive and Negative Experiences. Career decision self-efficacy was measured by Career Decision Self Efficacy-Short Form and career optimism was measured by Career Optimism Subscale of Career Future Inventory. The results of the study analyzed by moderation test did not find any interaction effect or moderating role of career optimism on the relationship of career decision self-efficacy and subjective well- being. The results of this study provide benefits for further research suggestions, and practical benefits for stakeholders, educators and education personnel, educational practitioners, educational institutions, and related agencies to improve teacher well-being.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Dian Asri Citraningrum.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ida rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 97 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-25-37264282 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920565098
Cover