UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Pengaruh Book Review di TikTok terhadap Preferensi Minat Baca Mahasiswa Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia = The Influence of TikTok Book Reviews on The Reading Preferences of Student In The Faculty Of Humanities University of Indonesia

Rania Putri Kurniawan; Muhamad Prabu Wibowo, supervisor; Ike Iswary Lawanda, examiner; Aviazka Firdhaussi, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025)

 Abstrak

Fenomena #booktok di TikTok telah berkembang menjadi tren digital yang memberikan dampak signifikan dalam mempromosikan minat baca di kalangan Generasi Z. Penelitian ini secara mendalam mengeksplorasi pengaruh konten #booktok terhadap minat baca mahasiswa di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI). Metode penelitian yang diterapkan adalah pendekatan kuantitatif melalui survei daring yang melibatkan 399 responden, dengan analisis data menggunakan teknik regresi linear berganda. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa konten #booktok efektif dalam memicu minat baca awal di kalangan mahasiswa, serta mampu mempertahankan motivasi mereka untuk terus membaca. Selain itu, konten ini juga mendorong eksplorasi genre buku baru, memperluas wawasan literasi mahasiswa. Faktor-faktor kunci seperti ulasan yang informatif, estetika visual yang menarik, dan tingkat kepercayaan terhadap reviewer berperan penting dalam mempengaruhi keputusan mahasiswa untuk membaca dan membeli buku. Penelitian ini menegaskan bahwa #booktok dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan budaya membaca di kalangan generasi muda. Namun, diperlukan upaya peningkatan kualitas konten untuk memastikan dampak jangka panjang yang berkelanjutan.

The #booktok phenomenon on TikTok has evolved into a digital trend that significantly impacts the promotion of reading interest among Generation Z. This study delves into the influence of #booktok content on the reading interest of students in the Faculty of Humanities Universitas Indonesia (FIB UI). The research employed a quantitative approach using an online survey involving 399 respondents, with data analysis conducted through multilinear regression techniques. The findings reveal that #booktok content is effective in stimulating initial reading interest among students and maintaining their motivation to continue reading. Additionally, it encourages the exploration of new book genres, thereby broadening students' literary horizons. Key factors such as informative reviews, visually appealing aesthetics, and trust in reviewers play a crucial role in influencing students' decisions to read and purchase books. This study affirms that #booktok can serve as an effective tool for fostering a reading culture among young generations. However, efforts to enhance the quality of content are needed to ensure sustainable and long-term impact.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Rania Putri Kurniawan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : libUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer (rdmedia)
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 42 pages + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-25-45136557 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920565290
Cover