UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Persepsi dan Ketertarikan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia Terhadap Pustakawan dan Perpustakaan = Perception and Interest of Universitas Indonesia's Library Science Students Towards Librarian and Library

Musthafa Amran Khoir; Nina Mayesti, supervisor; Muhamad Prabu Wibowo, examiner; M. Hanif Inamullah, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025)

 Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya pemahaman mendalam mengenai persepsi mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia (PSIP UI) terhadap pustakawan, perpustakaan, dan bidang ilmu perpustakaan dan informasi. Dengan pendekatan kuantitatif deskriptif dan inferensial, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi dan faktor-faktor yang memengaruhi persepsi serta ketertarikan mahasiswa terhadap bidang tersebut. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring yang melibatkan 180 mahasiswa PSIP UI dari angkatan 2021 hingga 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun mahasiswa memiliki persepsi positif terhadap pustakawan dalam hal keahlian profesional dan keterampilan teknologi, aspek kebahagiaan dan stabilitas finansial pustakawan dipersepsikan lebih rendah. Perpustakaan dipandang sebagai institusi penting meskipun membutuhkan pembaruan fasilitas teknologi dan koleksi. Responden juga menyoroti prospek karier yang menjanjikan dari bidang ilmu perpustakaan dan informasi, meskipun bukan menjadi pilihan utama sebagian besar responden saat mendaftar perguruan tinggi. Hubungan yang sedikit signifikan (p=0.049) ditemukan antara angkatan mahasiswa dengan persepsi terhadap pustakawan, tetapi tidak dengan persepsi terhadap perpustakaan dan bidang ilmu perpustakaan dan informasi. Penelitian ini merekomendasikan penyesuaian kurikulum dan nama program studi, penguatan peran pustakawan, dan modernisasi fasilitas perpustakaan untuk meningkatkan daya tarik dan relevansi bidang ini di era digital.

. This study is motivated by the need for an in-depth understanding of the perceptions of students in the Library Science Program at Universitas Indonesia (PSIP UI) regarding librarians, libraries, and the field of Library and Information Science. Using a descriptive and inferential quantitative approach, this research aims to identify factors influencing students' perceptions and interests in the field. Data were collected through an online questionnaire involving 180 PSIP UI students from the 2021 to 2024 cohorts. The results indicate that while students have positive perceptions of librarians in terms of professional expertise and technological skills, aspects of happiness and financial stability among librarians are perceived lower. Libraries are viewed as important institutions, though they require updates in technological facilities and collections. Respondents also highlighted promising career prospects in the field of Library and Information Science, although it was not the primary choice for most respondents when enrolling in higher education. A slightly significant relationship (p=0.049) was found between student cohorts and their perceptions of librarians, but not with perceptions of libraries or the field of study. This study recommends curriculum adjustments and program rebranding, strengthening the role of librarians, and modernizing library facilities to enhance the field's appeal and relevance in the digital era.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Musthafa Amran Khoir.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : libUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer (rdmedia)
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 40 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-25-83271325 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920565291
Cover