UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Dampak Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra terhadap Perekonomian Desa di Pulau Sumatera = The Impact of Trans-Sumatra Toll Road Development on Village Economies In Sumatra Island

Agrivan Johanes; Djoni Hartono, supervisor; Siregar, Rizki Nauli, examiner; Muhammad Halley Yudhistira, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025)

 Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dampak pembangunan jalan Tol Trans Sumatera terhadap perekonomian desa di Pulau Sumatera. Penelitian ini Menerapkan Difference-in Differences (DID) dengan pendekatan staggered adoption, yang jarang digunakan dalam studi jalan tol di Sumatera, untuk menghasilkan inferensi kausal yang lebih akurat dan Menggunakan unit analisis desa yang memberikan perspektif baru dibandingkan studi sebelumnya yang umumnya berfokus pada tingkat kabupaten. Penelitian ini menggunakan metode Difference-in-Differences for Multiple Periods (DIDM) dengan menggunakan night time light (NTL) sebagai proxy perekonomian desa. Hasil estimasi dampak pembangunan jalan tol pada NTL cenderung kecil dan tidak merata di seluruh desa dalam radius 10 km dan 20 km. Analisis event-study effects menunjukkan bahwa dampak positif baru terlihat setelah beberapa periode, dengan ketidakpastian tinggi pada beberapa interval waktu, yang mencerminkan heterogenitas atau ketidamerataan dampak antar desa.

The aim of this study is to analyze the impact of the Trans-Sumatra Toll Road construction on the village economy in Sumatra Island. The study applies the Difference-in-Differences (DID) method with a staggered adoption approach, which is rarely used in toll road studies in Sumatra, to produce more accurate causal inferences. It uses villages as the unit of analysis, providing a fresh perspective compared to previous studies that generally focus on the district level. The study employs the Difference-in-Differences for Multiple Periods (DIDM) method, using night-time light (NTL) as a proxy for the village economy. The estimation results show that the impact of toll road construction on NTL is relatively small and uneven across villages within 10 km and 20 km radius. The analysis of event-study effects reveals that positive impacts only appear after several periods, with high uncertainty in certain time intervals, reflecting heterogeneity or uneven impacts across villages.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Agrivan Johanes.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ida rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-25-27341036 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920565547
Cover