UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

The Relationship between quantity of children in a household and their cognitive ability = Hubungan antara jumlah anak dalam rumah tangga dan kemampuan kognitif

Rizqi Bagas Mufid; Mangunsong, Farma, supervisor; Thia Jasmina, examiner; Pardede, Elda Luciana, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025)

 Abstrak

Indonesia telah melakukan program keluarga berencana untuk meningkatkan kualitas keluarga. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa jumlah anak dalam suatu rumah tangga memiliki peran yang signifikan dalam kemampuan kognitif dan perkembangan dini anak. Penelitian ini berfokus pada dampak jumlah anak dalam rumah tangga terhadap skor kognitif anak-anak usia 7-14 tahun. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif yang mengacu pada data IFLS 5 yang dilakukan pada tahun 2014 dan menggunakan metode regresi OLS dan regresi multilevel untuk mengolah data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan negatif dan signifikan antara jumlah anak dalam rumah tangga dengan hasil skor tes kognitif. Jumlah anak yang lebih banyak dalam suatu rumah tangga membuat skor tes kognitif lebih rendah (β = -0.191, p-value 0.000, 95% CI -0.248 -0.133). Penelitian ini juga menemukan bahwa rumah tangga memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan kemampuan kognitif seorang anak. Oleh karena itu, mengembangkan program yang dapat mempromosikan kesadaran akan pentingnya pengendalian jumlah anak sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas anak.

Indonesia has implemented family planning program to rise family quality. Previous studies found that number of children in a household plays a significant role in the cognitive function and early development process of children. This study focused on impact of number of children in a household and the cognitive score of the children aged 7-14. This study used quantitative analysis of the IFLS wave 5 that was conducted in 2014 and applied OLS regression and multilevel regression method to process the data. This study found that there is a negative and statistically significant relationship between number of children present in a household and their cognitive test score results. More children in a household have a relationship with lower cognitive test score (β = -0.191, p value 0.000, 95% CI -0.248 -0.133). This study also found that a household plays a crucial role in building the cognitive ability. Fostering a program to promote the importance of controlling number of children on quality of the children is crucial.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Rizqi Bagas Mufid.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 30 pages : illustrations + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-25-85851677 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920565555
Cover