UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

TikTok sebagai Media Promosi: Strategi Konten Museum Bank Indonesia dalam Menyebarkan Informasi Kebanksentralan kepada Generasi Muda = TikTok as Promotional Media: Bank Indonesia Museum Content Strategy to Disseminate Information to Young Generation Concerning Central Bank

Atika Lala Rizkia; Tamara Adriani Salim, supervisor; Kiki Fauziah, examiner; Wiwit Ratnasari, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi konten yang diterapkan oleh Museum Bank Indonesia dalam memanfaatkan platform TikTok untuk menarik perhatian generasi muda, khususnya Gen Z dalam menyebarkan informasi mengenai kebanksentralan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Museum Bank Indonesia menerapkan tiga strategi dalam mengunggah konten di TikTok untuk menjangkau dan mengedukasi generasi muda, khususnya Gen Z, dalam menginformasikan kebanksentralan. Tiga strategi ini mencakup konsep edutainment, penggunaan hashtag, dan pemanfaatan fitur komentar.

This study aims to identify and analyze the content strategy conducted by Museum Bank Indonesia in utilizing the TikTok platform to attract the attention of the younger generation, especially Gen Z in disseminating information about banking. This research uses a qualitative approach with a case study method. Data were collected through observation, in-depth interviews, and document analysis. Sample selection was carried out using purposive sampling technique. The results showed that Bank Indonesia Museum implemented three strategies in uploading content on TikTok to reach and educate the younger generation, especially Gen Z, in informing the central bank. These three strategies include the concept of edutainment, the use of hashtags, and the utilization of comment features.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Atika Lala Rizkia.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : libUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer (rdmedia)
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 39 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-25-93457843 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920565561
Cover