UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

The Impact of National Strategic Project Policy on Transportation Costs and Time Case Study of National Non-Toll Road Development 2015 - 2019 = Pengaruh Kebijakan Proyek Strategis Nasional terhadap Biaya Transportasi dan Waktu Tempuh Perjalanan Studi Kasus Pembangunan Jalan Nasional Non-Tol Tahun 2015 - 2019

Dhanang Tiar Rendra; Muhammad Halley Yudhistira, supervisor; Riatu Mariatul Qibthiyyah, examiner; Ashintya Damayanti, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025)

 Abstrak

This study aims to provide empirical evidence on whether non-toll road construction, as a government investment in the transport infrastructure sector, has an impact on local economic activity at the village level. The motivation for this study stems from the fact that the government has made substantial investments in the National Strategic Project for non-toll road construction amid regional development disparities. This empirical study demonstrates the benefits of road construction, although these benefits have limitations. Using the Difference-in-Differences method and Village Potential (PODES) data from 2006-2021 to measure the impact of non-toll road construction, I find that non-toll roads can reduce travel costs and time to sub-district and district/city government centers. These changes in travel costs and time are expected to enhance local economic activity.

Studi ini bertujuan untuk menemukan bukti empirik apakah pembangunan jalan raya non-tol, yang merupakan investasi pemerintah dalam sektor infrastruktur transportasi mempunyai pengaruh terhadap aktivitas ekonomi lokal tingkat desa. Motivasi dari studi ini didapatkan dari fakta bahwa pemerintah telah berinvestasi cukup besar dalam Proyek Strategi Nasional pembangunan jalan raya non-tol saat terjadinya ketimpangan pembangunan antar daerah. Studi empirik ini membuktikan manfaat dari pembangunan jalan raya, namun manfaat tersebut memiliki batas. Menggunakan metode Difference-in-Differences dan data Potensi Desa (PODES) tahun 2006-2021 dalam mengukur dampak pembangunan jalan raya non-tol, saya menemukan bahwa dengan adanya jalan raya non-tol mampu menurunkan biaya dan waktu perjalanan ke pusat pemerintahan kecamatan dan kabupaten walikota. Perubahan biaya dan waktu perjalanan ini diharapkan mampu meningkatkan aktivitas ekonomi lokal.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Dhanang Tiar Rendra.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : ix, 43 : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-25-04775906 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920566035
Cover