UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Pertukaran peran gender dalam Anime Ooku: The Inner Chambers karya Fuminori Kaneko = Gender role reversal in Fuminori Kaneko's Ooku: The Inner Chambers

Khalisa Amira Arryputri; Bambang Wibawarta, supervisor; Didit Dwi Subagio, examiner; Filia, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025)

 Abstrak

Penelitian ini membahas pertukaran peran gender yang dialami oleh masyarakat Jepang era Edo dalam anime Ooku: The Inner Chambers. Analisis dilakukan dengan menggunakan teori maskulinitas R.W. Connell dan teori performatif gender Judith Butler. Penelitian ini menganalisis maskulinitas yang diadopsi oleh perempuan dan peran laki-laki yang semakin menurun keunggulannya, serta posisinya yang semakin rendah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran gender dapat berubah, serta mematahkan stereotip maskulinitas pada persepsi masyarakat. Objek dari penelitian ini adalah maskulinitas pada Tokugawa Iemitsu perempuan, maskulinitas hegemonik pada Kasuga, peran serta posisi yang ditampilkan pada karakter Arikoto, Sutezo, dan Mizuno. Analisis ini meliputi aspek-aspek karakteristik, tindakan, dan dialog pada setiap potongan adegan. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, ditemukan bahwa maskulinitas tidak hanya ada pada laki-laki, tetapi perempuan juga dapat memiliki sifat maskulinitas dengan memperlihatkan kemampuan mereka sebagai pencari nafkah dan pemimpin, yang semakin lama peran dan posisi laki-laki semakin menurun dan mengakibatkan inversi patriarki.

This research discusses the gender role reversal experienced by Edo period Japanese society as depicted in the anime Ooku: The Inner Chambers, analyzed using R.W. Connell’s theory of masculinity and Judith Butler’s theory of gender performative. This research analyzes the masculinity adopted by women and the role of men who are declining in prominence, as well as their lower position. The results of this study show that gender roles are changeable, and also break the stereotypes of masculinity in society’s perception. This research focuses on Tokugawa Iemitsu women, hegemonic masculinity in Kasuga, roles and positions displayed in the characters Arikoto, Sutezo, and Mizuno. This analysis includes aspects of characteristics, actions, and dialogues in each cut scene. Based on the analysis that has been done, it is found that masculinity does not only exist in men, but women can also have masculinity traits by showing their abilities as breadwinners and leaders, which increasingly the role and position of men are decreasing and resulting in inversion of patriarchy.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Khalisa Amira Arryputri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : v, 37 pages : illustrations
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-25-35166453 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920566050
Cover