UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Kedai Kopi sebagai Ruang Ketiga di Dubai = The Coffee Shops as A Third Place in Dubai

Shafira Nur Haliza; Suranta, supervisor; Bastian Zulyeno, examiner; Ade Solihat, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Penelitian ini membahas kedai kopi sebagai ruang ketiga dalam kehidupan sosial budaya masyarakat Dubai, serta pengaruh kedai kopi terhadap perkembangan industri kopi di Dubai. Dubai menjadi pusat inovasi dari kopi spesial. Dubai dapat mengembangkan pasar kopi walaupun tidak memproduksi biji kopi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui studi pustaka dan observasi media sosial beberapa kedai kopi di Dubai. Teori yang digunakan adalah teori Third Place dan teori Third Wave Coffee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedai kopi di Dubai kurang berperan sebagai ruang ketiga yang mendukung interaksi sosial, karena tidak mencerminkan netralitas sosial yang menjadi ciri dari ruang ketiga. Perkembangan industri kopi di Dubai didorong oleh dukungan pemerintah sehingga memperkuat posisi Dubai sebagai pusat inovasi kopi spesial. Kedai kopi modern terlihat tetap mempertahankan unsur budaya Emirat meskipun mengikuti tren global, menjadikan kedai kopi sebagai simbol perubahan sosial yang tetap menghargai tradisi. Penelitian ini akan memberikan pemahaman tentang dinamika sosial budaya di Dubai melalui kedai kopi dan industri kopi.

This research discusses coffee shops as a third place in the socio-cultural life of Dubai society, as well as the influence of coffee shops on the development of the coffee industry in Dubai. Dubai is the center of innovation for specialty coffee. Dubai can develop the coffee market even though it does not produce coffee beans. This research uses a descriptive qualitative method by collecting data through literature study and social media observations of several coffee shops in Dubai. The theories used are the Third Place theory and the Third Wave Coffee theory. The research results show that coffee shops in Dubai do not act as third spaces that support social interaction, because they do not reflect the social neutrality that is characteristic of third spaces. The development of the coffee industry in Dubai is driven by government support, strengthening Dubai's position as a center for specialty coffee innovation. Modern coffee shops appear to still maintain elements of Emirati culture despite following global trends, making coffee shops a symbol of social change that still respects tradition. This research will provide an understanding of the socio-cultural dynamics in Dubai through coffee shops and the coffee industry.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Shafira Nur Haliza.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : libUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer (rdmedia)
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 28 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-25-25475639 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920566497
Cover