UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Penggunaan Serial Extra Sebagai Media Audiovisual dalam Pembelajaran Bahasa Jerman = The Use of the Extra Series as Audiovisual Media in German Language Learning

Rosalin Fira Sayyidina Chang; Muhammad Arie Andhiko Ajie, supervisor; Sonya Puspasari Suganda, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Penelitian ini mengkaji potensi empat episode pertama serial Extra auf Deutsch dalam mendukung kompetensi bahasa Jerman tingkat pemula, terutama dalam hal kosakata dasar, frasa sederhana, dan struktur kalimat dasar. Fokus utama penelitian adalah pemanfaatan serial Extra sebagai media audiovisual dalam pengajaran bahasa Jerman. Analisis mengacu pada teori Hör-Sehverstehen oleh Camilla Badstübner-Kizik (2016) serta kriteria penggunaan media audiovisual menurut Protzner (1977). Data diambil dari video serial Extra auf Deutsch (Episode 1-4) yang diakses melalui kanal YouTube Katrina Senpai. Penelitian ini mengikuti model analisis data yang dikemukakan oleh Caspari dan Schmelter (2016), yang melibatkan tahap pengumpulan, pengkodean, dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa serial Extra auf Deutsch dapat mendukung penguasaan keterampilan bahasa dasar melalui penyajian situasi kehidupan sehari-hari yang humoris, meskipun terdapat tantangan terkait kebaruan dan kompleksitas budaya. Penelitian ini memberikan wawasan mengenai potensi penggunaan serial Extra sebagai media audiovisual dalam pembelajaran bahasa Jerman untuk pemula.

This study examines the role of the first four episodes of the Extra auf Deutsch series in supporting German language proficiency at the beginner level, particularly in terms of basic vocabulary, simple phrases, and basic sentence structures. The main focus of this research is the use of the Extra series as audiovisual media in teaching German. The analysis refers to the Hör-Sehverstehen theory by Camilla Badstübner-Kizik (2016) and the criteria for using audiovisual media according to Protzner (1977). The data was obtained from videos of the Extra auf Deutsch series (episodes 1-4) accessed through the Katrina Senpai YouTube channel. This study follows the data analysis model proposed by Caspari and Schmelter (2016), involving stages of data collection, coding, and interpretation. The results show that the Extra auf Deutsch series can support the mastery of basic language skills through the presentation of humorous everyday situations. However, there are challenges related to novelty and cultural complexity. This research provides insights into the potential use of the Extra series as audiovisual media in teaching German to beginners.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Rosalin Fira Sayyidina Chang.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : libUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer (rdmedia)
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 32 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-25-23461267 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920566515
Cover