UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Dampak Kawasan Ekonomi Khusus terhadap Tingkat Putus Sekolah Jenjang SMP dan SMA di Indonesia = The Impact of Special Economic Zones on Dropout Rates at the Junior and Senior High School Levels in Indonesia

Sihombing, Sandey Cristiany; Khoirunurrofik, supervisor; Prani Sastiono, examiner; Dwini Handayani, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak keberadaan kawasan ekonomi khusus (KEK) terhadap tingkat putus sekolah jenjang SMP dan SMA di Indonesia. Kawasan ekonomi khusus merupakan kebijakan berbasis wilayah yang bertujuan untuk meningkatkan investasi, meningkatkan lapangan pekerjaan, dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Namun, peningkatan peluang kerja karena kehadiran kawasan ekonomi khusus dapat memicu masyarakat untuk lebih memilih bekerja daripada melanjutkan pendidikan. Penelitian ini menggunakan panel data kabupaten/kota di 14 provinsi yang memiliki kawasan ekonomi khusus.
Penelitian ini menggunakan metode Difference in Difference untuk mengestimasi perbedaaan tingkat putus sekolah antara kabupaten yang memiliki kawasan ekonomi khusus dan yang tidak memiliki kawasan ekonomi khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan kawasan ekonomi khusus tidak berdampak signifikan terhadap tingkat putus sekolah jenjang SMP dan SMA di Indonesia.
Selain itu, penelitian ini juga menggunakan metode Propensity Score Matching untuk meminimalkan bias pemilihan kelomppok kontrol. Hasil estimasi juga menunjukkan bahwa keberadaan kawasan ekonomi khusus tidak berdampak signifikan terhadap tingkat putus sekolah jenjang SMP dan SMA di Indonesia.

This study aims to analyze the impact of the presence of Special Economic Zones (SEZs) on dropout rates at the junior and senior high school levels in Indonesia. SEZs are place-based policies designed to increase investment, create job opportunities, and stimulate economic growth. However, the increase in job opportunities due to the presence of SEZs may encourage individuals to prioritize working over continuing their education. This study uses panel data from districs/cities in 14 provinces with special economic zones.
The study employs the Difference-in-Differences method to estimate differences in school dropout rates between regencies with SEZs and those without. The findings indicate that the presence of special economic zones does not have a significant impact on dropout rates at the junior and senior high school levels in Indonesia.
Additionally, this study applies the Propensity Score Matching method to minimize selection bias in determining the control group. The estimation results also indicate that the presence of special economic zones does not have a significant impact on dropout rates at the junior and senior high school levels in Indonesia.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Sandey Cristiany.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 46 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-25-92233380 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920566966
Cover