UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pembangunan Ekonomi Wilayah dan Kepemilikan Mobil Pribadi di Pulau Jawa = Regional Economic Development and Private Car Ownership in Java

Andriana Kumalasari; Djoni Hartono, supervisor; Benedictus Raksaka Mahi, examiner; Irfani Fithria Ummul Muzayanah, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025)

 Abstrak

Dengan menggunakan data pada 114 kabupaten/kota pada tahun 2015-2023, studi ini bertujuan untuk mengendalikan pertumbuhan mobil pribadi dengan menganalisis hubungan antara pembangunan ekonomi wilayah dengan kepemilikan mobil pribadi di Pulau Jawa yang merupakan pulau dengan pembangunan paling pesat di Indonesia. Dengan menggunakan metode data panel Correlated-Random Effects (CRE), penelitian ini menunjukkan bahwa PDRB per kapita dan rata-rata lama sekolah (RLS) memiliki asosiasi yang positif dan signifikan dengan kepemilikan mobil pribadi pada analisis seluruh kabupaten/kota. Lalu, hasil analisis berdasarkan region kabupaten/kota menemukan bahwa pada Jakarta Metropolitan Area (JMA) kepadatan penduduk memiliki asosiasi negatif dan signifikan dengan kepemilikan mobil pribadi, mencerminkan kurang menguntungkannya penggunaan mobil pribadi di region tersebut. Kemudian, analisis berdasarkan ukuran kabupaten/kota menemukan bahwa meskipun asosiasi panjang jalan dengan kepemilikan mobil pribadi pada kabupaten/kota berukuran besar negatif dan signifikan, namun asosiasi between dan within kepadatan penduduk dengan kepemilikan mobil pribadi masih signifikan dan positif, menggambarkan belum cukup memadainya transportasi publik pada kabupaten/kota berukuran besar di Pulau Jawa.

The increase in private car ownership is believed to hinder the implementation of sustainable transportation principles. Theories and empirical studies prove that, along with regional economic development, private car ownership tends to increase. Using data from 114 regencies/cities between 2015 and 2023, this study aims to control the rise in private car ownership by analyzing the association between regional economic development and private car ownership in Java, the region with the most rapid development in Indonesia. Using the panel data Correlated-Random Effects (CRE) method, the results of this study found that per capita regional GDP and mean years of schooling have a positive and significant association with private car ownership in all regencies/cities. Furthermore, an analysis based on region found that in the Jakarta Metropolitan Area (JMA), population density has a negative and significant association with private car ownership, reflecting the disadvantages of using private cars in the region. On the other hand, analysis of large cities/regencies shows that, although the association between road infrastructure and private car ownership was found to be negative and significant, the within- and between-association of population density and private car ownership is positive and significant, indicating the insufficiency of public transportation in the large regencies and cities of Java.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Andriana Kumalasari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 52 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-25-99202599 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920567003
Cover