UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Komunitas Studytweet sebagai Ruang Belajar di Era Digital = The Studytweet Community as a Learning Space in the Digital Era

Ade Utari Bungsu; Indira Irawati, supervisor; Fuad Gani, examiner; Wiwit Ratnasari, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025)

 Abstrak

Media sosial telah menjadi elemen penting dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam dunia pendidikan. Di Indonesia, platform X (sebelumnya Twitter) banyak dimanfaatkan oleh remaja dalam komunitas "StudyTweet" untuk mendukung pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana komunitas tersebut menggunakan media sosial sebagai alat belajar, membangun jaringan sosial yang produktif, serta meningkatkan literasi media sosial secara kritis dan bertanggung jawab. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif berbasis etnografi digital, penelitian ini mengidentifikasi tiga peran utama dalam komunitas "StudyTweet": kreator konten, konsumer, dan pembagi konten. Kreator memproduksi materi pembelajaran, konsumer mengonsumsi konten sesuai kebutuhan akademis mereka, sedangkan pembagi konten menyebarkan informasi kepada audiens yang lebih luas. Temuan menunjukkan bahwa literasi media sosial yang tinggi memungkinkan anggota komunitas memanfaatkan algoritma platform secara strategis, menyaring informasi secara kritis, dan mengurangi kesenjangan partisipasi digital. Keterlibatan sosial, seperti komentar dan retweet, tidak hanya meningkatkan interaksi, tetapi juga berkontribusi pada pencapaian akademis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa literasi media sosial memainkan peran kunci dalam mengoptimalkan pengalaman belajar di ruang digital. Namun, keterbatasan fokus pada platform tertentu dan metode kualitatif membuka peluang untuk penelitian lanjutan yang melibatkan platform lain serta pendekatan kuantitatif guna memperkaya temuan.

Social media has become an essential element of everyday life, including in the field of education. In Indonesia, platform X (formerly Twitter) is widely used by adolescents in the "StudyTweet" community to support learning. This study aims to explore how the community utilizes social media as a learning tool, builds productive social networks, and enhances critical and responsible social media literacy. Using a qualitative approach based on digital ethnography, this research identifies three main roles within the "StudyTweet" community: content creators, consumers, and sharers. Content creators produce learning materials, consumers use content according to their academic needs, and sharers disseminate information to a broader audience. The findings reveal that high social media literacy enables community members to strategically leverage platform algorithms, critically filter information, and reduce digital participation inequality. Social engagement, such as comments and retweets, not only fosters interaction but also contributes to academic achievement. This study concludes that social media literacy plays a key role in optimizing learning experiences in digital spaces. However, the focus on a specific platform and qualitative methods highlights the need for further research involving other social media platforms and quantitative approaches to enrich these findings.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Ade Utari Bungsu.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : iv, 74 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-25-50513843 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920567238
Cover