UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Evaluasi Kebijakan Pemeliharaan Berbasis Permen PUPR No. 24 Tahun 2008 dan Konsep NZEB pada Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Pemeliharaan = Evaluation of Maintenance Policy Based on Ministerial Regulation of PUPR No. 24 of 2008 and the NZEB Concept on the Maintenance and Care of School Buildings to Improve Maintenance Performance

Cintia Oktaviana; Yusuf Latief, supervisor; Leni Sagita Riantini, examiner; Rully Andhika Karim, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas kebijakan pemeliharaan dan perawatan bangunan gedung sekolah berdasarkan Peraturan Menteri PUPR Nomor 24 Tahun 2008 serta konsep Nearly Zero Energy Building (nZEB) untuk meningkatkan kinerja pemeliharaan. Kajian ini berfokus pada pengembangan kebijakan pemeliharaan dan perawatan gedung sekolah yang lebih berfokus konsep nZEB. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode pendekatan kualitatif dengan analisis arsip, survei, dan studi kasus. Studi kasus ini dilakukan di SMAN 96 Jakarta untuk menganalisis penerapan serta kebutuhan pemeliharaan dan perawatan gedung sekolah yang telah bersertifikasi green building. Metode pendekatan kuantitatif dengan analisis data yang diperoleh melalui survei responden. Data yang dikumpulkan kemudian diuji secara statistik melalui uji kecukupan data, uji normalitas, uji homogenitas, uji reliabilitas, uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi, dan analisis regresi untuk mengetahui model hubungan kebijakan pemeliharaan dan perawatan gedung sekolah nZEB dengan kinerja pemeliharaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan pemeliharaan dan perawatan gedung sekolah nZEB memiliki pengaruh yang kuat terhadap kinerja pemeliharaan. Temuan ini diharapkan dapat menjadi usulan rekomendasi dalam perbaikan kebijakan pemeliharaan dan perawatan gedung sekolah berbasis nZEB di Indonesia.

This study aims to evaluate the effectiveness of school building maintenance and care policies based on the Regulation of the Minister of PUPR Number 24 of 2008 and the Nearly Zero Energy Building (nZEB) concept to improve maintenance performance. This study focuses on the development of school building maintenance and care policies that focus more on the nZEB concept. The research methods used are qualitative and quantitative approaches. Qualitative approach method with archive analysis, surveys, and case studies. This case study was conducted at SMAN 96 Jakarta to analyze the implementation and needs of school building maintenance and care that has been certified as a green building. Quantitative approach method with data analysis obtained through respondent surveys. The data collected were then tested statistically through data adequacy tests, normality tests, homogeneity tests, reliability tests, validity tests, reliability tests, correlation tests, and regression analysis to determine the relationship model of nZEB school building maintenance and care policies with maintenance performance. The results of the study indicate that the nZEB school building maintenance and care policy has a strong influence on maintenance performance. These findings are expected to be a recommendation proposal in improving nZEB-based school building maintenance and care policies in Indonesia.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Cintia Oktaviana.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ida rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xxiii, 373 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-40588378 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920568135
Cover