Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Pemanfaatan platform merdeka mengajar untuk pembelajaran pendidikan agama islam pasca -pandemi covid-19

Fatma Nurmulia, Ilham, Danish Syifa Anaqi (Pusat Data dan Teknologi Informasi, 2024)

 Abstrak

Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah platform teknologi yang dikembangkan oleh Kemendikbudristek untuk memfasilitasi guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya. Pada saat penelitian ini berlangsung, PMM ini sudah dimanfaatkan oleh guru-guru dari sekitar 291.741 sekolah dari seluruh Indonesia, termasuk guru-guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menganalisis pemanfaatan PMM untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya dalam pendidikan agama Islam di sekolah umum pasca-pandemi Covid-19. Ada tiga subfokus yang akan diteliti dan dianalisis dalam penelitian ini, yaitu kesiapan guru PAI dalam memanfaatkan PMM, pemanfaatan PMM untuk pembelajaran PAI, serta kendala dalam pemanfaatan PMM untuk pembelajaran PAI. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan wawancara, pengamatan, dan telaah dokumen. Penelitian dilakukan di dua sekolah, yaitu SMA Muhammadiyah 25 Pamulang, Tangerang Selatan dan SMA Muhammadiyah 2 Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru PAI dari kedua sekolah tersebut sudah sangat siap memanfaatkan PMM untuk meningkatkan kinerja pembelajaran mereka. Dari fitur-fitur yang ada, yang terbanyak digunakan adalah fitur Inspirasi dan fitur Mengajar. Sementara itu, fitur pengembangan diri masih kurang diminati oleh guru-guru PAI. Ditemukan juga ada beberapa kendala dalam pemanfaatan PMM ini secara optimal yang perlu mendapat perhatian dari semua pihak yang berkepentingan.

The Merdeka Mengajar (PMM) platform is a technology platform developed by the Ministry of Education, Culture, Research, and Technology to facilitate teachers and principals in teaching, learning, and creating. At the time of this research, PMM had been utilized by teachers from approximately 291,741 schools across Indonesia, including Islamic Religious Education (PAI) teachers. This research analyzes the utilization of PMM to improve the quality of learning, particularly in Islamic religious education in public schools post-COVID-19 pandemic. There are three sub-focuses that will be examined and analyzed in this research: the readiness of Islamic Religious Education (PAI) teachers in utilizing PMM, the utilization of PMM for Islamic Religious Education (PAI) learning, and the obstacles in utilizing PMM for Islamic Religious Education (PAI) learning. The research was conducted using a descriptive qualitative approach using interviews, observations, and document reviews. The research was conducted in two schools: SMA Muhammadiyah 25 Pamulang, South Tangerang, and SMA Muhammadiyah 2 Padang. The results showed that Islamic Religious Education (PAI) teachers from both schools were very ready to utilize PMM to improve their learning performance. Of the existing features, the most used were the Inspiration and Teaching features. Meanwhile, the self-development feature is still less popular among Islamic Religious Education teachers. Several obstacles were also identified in optimal utilization of PMM, which require attention from all stakeholders.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 371 TEKNODIK 28:1 (2024)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Pusat Data dan Teknologi Informasi, 2024
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 20883978
Majalah/Jurnal : JURNAL TEKNODIK
Volume : Vol. 28 No. 1, Juni 2024: Hal. 1-13
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik : https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/1125
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
371 TEKNODIK 28:1 (2024) 08-25-64374939 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920568650
Cover