UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis Ergonomi dan Proses Manufaktur Mockup Interior Mobil Terbang dengan Skala 1:1 = Ergonomic Analysis and Manufacturing Process of a 1:1 Scale Flying Car Interior Mockup

Arvin Kareem Fadhurahman; Mohammad Adhitya, supervisor; R. Danardono Agus Sumarsono, examiner; Wahyu Nirbito, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025)

 Abstrak

Skripsi ini membahas perancangan dan proses manufaktur mockup interior mobil terbang dengan skala 1:1, dengan penekanan utama pada pencapaian aspek ergonomi yang optimal bagi pengguna. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk menghasilkan sebuah mockup interior mobil terbang yang telah memenuhi standar ergonomi berdasarkan pengujian nilai Posture Evaluation Index (PEI), serta dapat dijadikan referensi untuk optimasi desain interior di masa mendatang melalui proses manufaktur yang efisien. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan analisis tiga konfigurasi postur menggunakan perangkat lunak Siemens Jack 9.0, dengan pendekatan metode Posture Evaluation Index yang mengintegrasikan hasil dari tiga metode analisis ergonomi lainnya, yaitu Low Back Analysis (LBA), Ovako Working Posture Analysis (OWAS), dan Rapid Upper Limb Assessment (RULA). Perancangan komponen interior dilakukan menggunakan perangkat lunak Autodesk Inventor. Hasil penelitian ini berupa rekomendasi konfigurasi kabin yang paling ergonomis, meliputi sudut steering wheels 20°, sudut sandaran kursi 70°, dan torso angle 70°, dengan knee angle yang disesuaikan untuk pengemudi dengan tinggi badan 160 cm, 170 cm, dan 185 cm. Selain itu, penelitian ini juga merinci proses manufaktur komponen-komponen kunci interior, termasuk analisis FBD untuk perancangan pedal yang memperhitungkan gaya operasional. 

This thesis discusses the design and manufacturing process of a full-scale (1:1) interior mockup for a flying car, with a primary focus on achieving optimal ergonomic aspects for users. The objective of this thesis is to produce an interior mockup that meets ergonomic standards based on the Posture Evaluation Index (PEI) assessment and can serve as a reference for future interior design optimization through an efficient manufacturing process. The methodology employed in this study involves analyzing three posture configurations using Siemens Jack 9.0 software, applying the Posture Evaluation Index method, which integrates results from three ergonomic analysis techniques: Low Back Analysis (LBA), Ovako Working Posture Analysis (OWAS), and Rapid Upper Limb Assessment (RULA). The interior components were designed using Autodesk Inventor. The results of this study provide recommendations for the most ergonomic cabin configuration, including a steering wheel angle of 20°, seatback angle of 70°, and torso angle of 70°, with knee angles adjusted for drivers with heights of 160 cm, 170 cm, and 185 cm. Additionally, this research details the manufacturing process of key interior components, including a Free Body Diagram (FBD) analysis for the pedal design that considers operational forces.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Arvin Kareem Fadhurahman.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xvii, 96 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-25114499 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920571488
Cover