UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan antara Fleksibilitas Kognitif dan Flourishing pada Mahasiswa Program Profesi Bidang Kesehatan = Relationship between Cognitive Flexibility and Flourishing in Health Professional Students

Almas Nuriyatul Fadhilah; Stephanie Yuanita Indrasari, supervisor; Wuri Prasetyawati, examiner; Hutahaean, Bona Sardo Hasoloan, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2025)

 Abstrak

Mahasiswa program profesi bidang kesehatan dihadapkan pada berbagai tekanan akademik dan tuntutan pengembangan kompetensi selama menjalani pendidikan profesi. Tekanan ini terjadi pada mahasiswa di lingkungan kesehatan yang dinamis, penuh ketidakpastian, kompleks, dan ambigu, kondisi yang dikenal sebagai VUCA. Situasi tersebut berpotensi pada penurunan kesejahteraan diri (flourishing) pada mahasiswa. Salah satu faktor yang memprediksi flourishing adalah fleksibilitas kognitif, yaitu kemampuan untuk berpikir adaptif dalam merespons perubahan lingkungan. Meskipun studi mengenai hubungan fleksibilitas kognitif dan flourishing sudah berkembang secara global, penelitian dalam konteks mahasiswa program profesi bidang kesehatan di Indonesia masih terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan fleksibilitas kognitif dan flourishing. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cognitive Flexibility Inventory (CFI) dan PERMA Profiler versi Bahasa Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Kendall’s Tau-b. Hasil analisis menunjukkan bahwa fleksibilitas kognitif memiliki hubungan positif dan signifikan dengan tingkat flourishing secara keseluruhan maupun pada kelima dimensinya. Artinya semakin tinggi kemampuan fleksibilitas kognitif, maka semakin tinggi juga tingkat flourishing seseorang. Temuan ini menunjukkan pentingnya fleksibilitas kognitif sebagai sumber daya psikologis yang mendukung kesejahteraan mahasiswa program profesi bidang kesehatan.

Students of health science professional programs often face intense academic pressures and high demands for competency development throughout their professional education. These 1 challenges are heightened by the nature of today’s healthcare landscape, which is increasingly characterized by volatility, uncertainty, complexity, and ambiguity, commonly referred to as VUCA. Such conditions can negatively impact students' well-being, particularly in terms of flourishing. One psychological factor that may predict flourishing is cognitive flexibility, the capacity to think adaptively in response to environmental changes. Although international studies have explored the relationship between cognitive flexibility and flourishing, research in the context of Indonesian health science professional students remains limited. Therefore, this study aims to examine the relationship between cognitive flexibility and flourishing in this specific population. A quantitative, correlational design was employed, utilizing the Indonesian version of the Cognitive Flexibility Inventory and the PERMA Profiler. Data were analyzed using Kendall’s Tau-b correlation. The results revealed a significant positive correlation between cognitive flexibility and overall flourishing, as well as each of its five dimensions. This indicates that higher levels of cognitive flexibility are associated with higher levels of flourishing. These findings underscore the significance of cognitive flexibility as a psychological resource that enhances the well-being of students in health science professional programs.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Almas Nuriyatul Fadhilah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2025
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LIbUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 68 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaam UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-03521360 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920571704
Cover