UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Gambaran Penghayatan Individu dengan Profesi Terapis Wicara di Indonesia terhadap Pekerjaan Mereka: Sebuah Studi Kualitatif = The Lived Experience of Individuals Working as Speech Therapist in Indonesia: A Qualitative Study

Tasnima Ranti Weningtyas; Indri Hapsari, supervisor; Yudiana Ratnasari, examiner; Patricia Adam, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2025)

 Abstrak

Terapis wicara, profesi yang berperan penting dalam memberikan penanganan pada anak-anak dengan gangguan berkomunikasi dan menghindari dampak negatif dalam jangka panjangnya, tetapi masih minim diteliti di Indonesia. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini bertujuan mendapatkan gambaran yang mendalam mengenai pengalaman terapis wicara di Indonesia dan bagaimana mereka menghayati pekerjaan yang dilakukan, juga dengan harapan bahwa apa yang ditemukan dalam penelitian ini dapat menjadi permulaan dari lebih banyak penelitian terkait terapi wicara dan terapis wicara di Indonesia. Melalui wawancara semiterstruktur bersama lima terapis wicara dan dengan menggunakan metode analisis practical thematic analysis oleh Saunders et al. (2023), penelitian ini menemukan 6 tema dan 15 subtema yang mewakili penghayatan pengalaman terapis wicara di Indonesia, baik sebelum memulai pekerjaannya maupun hingga saat ini. Penelitian ini mengungkapkan latar belakang dari para terapis wicara dalam memilih bidang keterapian, tantangan dalam bekerja yang banyak berasal dari orang tua atau keluarga pasien, bagaimana terapis wicara menavigasi peran mereka di ranah pekerjaan dan keluarga, aspek menyenangkan dan tidak menyenangkan yang dialami, pemaknaan terapis wicara terhadap profesi mereka, serta refleksi lebih dalam terkait pekerjaan yang memberi kesempatan para terapis wicara mengungkapkan keluhan, harapan, dan kekhawatiran selama bekerja. 

Speech therapist, a profession with a crucial role in giving treatment for children with communication disorder and preventing long-term negative impacts, but remains under-researched in Indonesia. Using a qualitative approach, this study aims to explore in depth the experience of speech therapist in Indonesia and how they internalize the work they do, and with hopes that the findings in this study can act as the start of more studies about speech therapy and speech therapist in Indonesia. Through semi-structured interviews with five speech therapists and utilizing the practical thematic analysis method by Saunders et al. (2023), this study found 6 themes and 15 subthemes that represents the experience of speech therapist in Indonesia, both before they begin working and up to this day. This study reveals speech therapists’ background in choosing the field of therapy, challenges in work that comes from parents and families of patients, how speech therapists navigate their role in work and family, the fun and not-so-fun aspects that they experience, how they put meaning to their profession, and a deeper reflection of their work that gives them a chance to disclose complaints, hopes, and concerns throughout their job.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Tasnima Ranti Weningtyas.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2025
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LIbUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 121 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaam UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-82496148 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920571781
Cover