Berdasarkan Indeks Perlindungan Anak (IPA), Indonesia memiliki rata-rata keberhasilan perlindungan anak sebesar 63,30%, dengan 12 Kota/Kabupaten masih berada di bawah angka 60%. Capaian rendah ini menunjukkan masih lemahnya upaya perlindungan anak di berbagai daerah. Dalam konteks ini, kehadiran Forum Anak menjadi penting. Sebagai pihak yang dekat dalam kehidupan sehari-hari anak, Forum Anak memiliki peran penting untuk mendorong kesadaran masyarakat atas hak-hak anak dan mencegah terjadinya eksploitasi anak. Melalui analisis literatur dengan metode critical review, karya akhir ini mengkaji peran Forum Kota Layak Anak (FOKLA) dan Forum Anak untuk mendukung program Kota Layak Anak. Kajian sekunder ini dilakukan pada rentang waktu Februari hingga Juni 2024, dengan mengkritisi satu skripsi dan dua artikel jurnal yang dipublikasikan dalam rentang waktu 2018–2022 yang membahas peran FOKLA dan Forum Anak dalam mendukung Program Kota Layak Anak. Kajian literatur menemukan bahwa FOKLA dan Forum Anak berkontribusi penting dalam menciptakan lingkungan yang kondusif bagi tumbuh kembang anak sebagai bagian dari upaya mewujudkan Kota Layak Anak (KLA). Berdasarkan hasil penelitian, FOKLA dan Forum Anak memiliki peran sebagai pemercepat perubahan, broker, dan advocator. Berdasarkan analisis, kendala yang dialami oleh FOKLA dan Forum Anak dalam mendukung Program Kota Layak Anak (KLA) dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu kendala internal komunitas sasaran yang meliputi: faktor predisposisi, kebiasaan komunitas sasaran, dan ketergantungan komunitas sasaran terhadap orang lain; serta kendala eksternal komunitas yang berasal dari luar komunitas sasaran yang meliputi faktor penguat perubahan, kelompok kepentingan, dan faktor pemungkin perubahan. Kajian ini memberikan saran agar meningkatkan kualitas dan efektivitas pelaksanaan Program KLA dengan memperkuat peran FOKLA sebagai mitra strategis dalam advokasi kebijakan dan pengawasan implementasi program, serta mendorong keterlibatan aktif Forum Anak dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program sebagai representasi suara anak.
According to the Child Protection Index (Indeks Perlindungan Anak/IPA), Indonesia has an average score of 63.30% for child protection performance, with 12 cities or regencies reporting scores below 60%. This relatively low score highlights ongoing weaknesses in child protection efforts across various regions. In this context, the role of Child Forums (Forum Anak) becomes increasingly important. These forums, being closely connected to children’s daily lives, play a vital role in raising public awareness about children's rights and in preventing child exploitation. This final paper uses a critical review method to analyze the role of the Child-Friendly City Forum (Forum Kota Layak Anak/FOKLA) and Child Forums in supporting the implementation of the Child-Friendly City (Kota Layak Anak/KLA) program. This secondary review was conducted between February and June 2024, by critically analyzing one undergraduate thesis and two journal articles published between 2018 and 2022, all discussing the roles of FOKLA and Child Forums in advancing the KLA program. The literature review indicates that FOKLA and Child Forums play a significant role in creating an environment that supports the growth and development of children, as part of broader efforts to build child-friendly cities. Findings suggest that FOKLA and Child Forums act as agents of change, brokers, and advocates. The analysis identifies two main categories of challenges faced by FOKLA and Child Forums: internal barriers within the target communities, which include predisposing factors, community habits, and dependence on external parties; and external challenges originating from outside the target communities, which include enabling factors, interest groups, and drivers of change. This study recommends enhancing the quality and effectiveness of KLA implementation by strengthening FOKLA's role as a strategic partner in policy advocacy and program monitoring. It also encourages active participation from Child Forums in program planning, implementation, and evaluation as representatives of children's voices.