UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Peran Krusial Pendapatan Non-Tenaga Kerja: Analisis Hubungan Pendidikan dan Pendapatan Non-Tenaga Kerja di Indonesia Berdasarkan Jenisnya = The Importance of Non-Labor Income: Relationship Between Education and Non-Labor Income in Indonesia by Type of Non-Labor Income

Ilyasa Rangsang Kusuma; Walandouw, Paksi Cattra Kamang, supervisor; Desita Prabawati Ratna, examiner; I Dewa Gede Karma Wisana, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara tingkat pendidikan dengan pendapatan non-tenaga kerja (non-labor income) di Indonesia berdasarkan jenisnya, yang meliputi pendapatan dari aset dan investasi (DIR), pendapatan dari pensiun (ARP), serta pendapatan dari bantuan pihak lain (HRP). Dengan menggunakan kerangka teori modal manusia (human capital theory) dan merujuk pada studi terdahulu yang menunjukkan hubungan positif antara pendidikan dan DIR namun negatif terhadap ARP dan HRP, penelitian ini menggunakan data Indonesia Family Life Survey (IFLS) 5 tahun 2015 dan metode regresi Ordinary Least Squares (OLS). Hasil analisis menunjukkan bahwa pendidikan memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap total pendapatan non-tenaga kerja (NLI), serta terhadap ARP dan HRP, sementara pada DIR hubungan yang terbentuk bersifat positif namun tidak signifikan secara statistik. Temuan ini menunjukkan bahwa pendidikan tetap memainkan peran penting dalam memperluas akses individu terhadap sumber-sumber pendapatan non-tenaga kerja, meskipun pengaruhnya terhadap pendapatan dari aset dan investasi tidak signifikan secara langsung namun pendidikan berhubungan positif dengan pendapatan dari aset dan investasi (DIR) secara tidak langsung melalui perantara pendapatan tenaga kerja (labor income).

This study aims to analyze the relationship between education and non-labor income in Indonesia based on its types, which include income from assets and investments (DIR), pension income (ARP), and income from private transfers or assistance from others (HRP). Utilizing the framework of human capital theory and referring to previous studies that found a positive relationship between education and DIR but negative relationships with ARP and HRP, this study employs data from the 2015 Indonesia Family Life Survey (IFLS 5) and the Ordinary Least Squares (OLS) regression method. The results indicate that education has a positive and statistically significant relationship with total non-labor income (NLI), as well as with ARP and HRP, while its relationship with DIR is positive but not statistically significant. These findings suggest that education continues to play an important role in enhancing individuals' access to various sources of non-labor income. Although the effect of education on income from assets and investments is not directly significant, the positive relationship may occur indirectly through its influence on labor income as a mediating factor.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Ilyasa Rangsang Kusuma.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ida rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 88 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-60328881 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920573514
Cover