UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pemanfaatan Media Intelligence terhadap Penilaian Pemenang Kategori Energi Bersih dalam Lestari Awards 2024 = The Utilization of Media Intelligence in Assessing the Winner of the Clean Energy Category in the 2024 Lestari Awards

Nathaniel Ebenezer Pantun; Oktaria Ineztianty, supervisor; Dessy Septiane Sukendar, examiner; Budi Setiawan, examiner (Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025)

 Abstrak

Lestari Awards 2024 merupakan ajang penghargaan yang menilai kontribusi perusahaan terhadap percepatan pencapaian tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Indonesia, salah satunya pada kategori energi bersih. Masyarakat kini semakin memperhatikan program keberlanjutan yang dijalankan oleh brand atau perusahaan yang mereka gunakan, namun informasi yang mereka terima masih sedikit. Disisi lain media berita daring menjadi media yang paling dipercaya oleh masyarakat dalam menyampaikan informasi terkait program-program SDGs. Penelitian ini bertujuan mengembangkan metode penilaian berbasis media intelligence untuk menilai kualitas artikel berita daring terkait program SDGs. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan sumber data dari artikel berita daring yang dihimpun melalui data crawler KG Media. Menggunakan empat aspek penilaian yang akan digunakan dalam menilai kualitas artikel, yakni brand statement, brand quote, third party endorsement, dan brand title. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa mayoritas artikel pemberitaan PLN memiliki kualitas tinggi, dengan media Tribunnews menjadi penerbit artikel berkualitas tinggi dan rendah terbanyak. Penelitian ini diharapkan menjadi acuan dalam evaluasi eksposur media serta pengembangan strategi komunikasi perusahaan yang lebih terukur dan efektif.

Lestari Awards 2024 is an award event that assesses corporate contributions to accelerating the achievement of the Sustainable Development Goals (SDGs) in Indonesia, particularly in the category of clean energy. Today, the public is increasingly attentive to sustainability programs carried out by the brands or companies they engage with, yet the amount of information they receive remains limited. On the other hand, online news media has become one of the most trusted sources by the public for delivering information related to SDG programs. This study aims to develop an assessment method based on media intelligence to evaluate the quality of online news articles related to SDG programs. The research employs a descriptive quantitative approach, using online news articles collected through the KG Media data crawler as its data source. The assessment applies four key aspects: brand statement, brand quote, third-party endorsement, and brand title. The results of the analysis show that the majority of PLN-related news articles have high quality, with Tribunnews being the most frequent publisher of both high-quality and low-quality articles. This study is expected to serve as a reference for evaluating media exposure and developing more measurable and effective corporate communication strategies.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Nathaniel Ebenezer Pantun.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ida rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 51 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI; Ruang Baca Vokasi (Full Text)
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-88507244 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920573650
Cover