UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan Kompetensi Sosial Dengan Profil Sensori Pada Anak Usia Prasekolah = Relationship Between Sensory Processing Profile and Social Competence in Preschool Aged Children

Sabrina Luthfiyah Nisa; Ayleen Alicia Kosasih, supervisor; Reza Nur Arsyi, examiner; Mayasya, examiner (Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025)

 Abstrak

Pada usia prasekolah, anak mengalami peningkatan pikiran kreatif, bahasa dan perilaku. Kompetensi sosial pada tahap ini berdampak jangka panjang terhadap perkembangan di usia dewasa. Diduga kompetensi sosial berkaitan erat dengan masalah sensori, namun penelitian mengenai hubungan keduanya masih terbatas, terutama pada anak tipikal. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan sensori terhadap kompetensi sosial pada anak usia prasekolah di Indonesia. sampel diambil sebanyak 56 anak usia 3-6 tahun dari TKIT Insan Aulia dan TKIT YAPIDH. Alat ukur yang digunakan adalah Short Sensory Profile (SSP) serta Social Competence Scale Parent Version (SCS-PV) melalui kuisioner. Hasil analisis komparasi menunjukan kelompok profil sensori yang lebih baik memiliki kompetensi sosial yang lebih tinggi (p = 0,035). Hasil uji korelasi juga menemukan hubungan positif (r = 0,100) walaupun secara statistik tidak signifikan (p = 0,222) analisis lanjutan menemukan korelasi positif antara respon kurang/pencari sensasi dengan regulasi emosi ditemukan hubungan signifikan antara keduanya (r = 0.267, p = 0.047). Penelitian juga menemukan bahwa profil sensori tidak dipengaruhi usia, jenis kelamin, atau Pendidikan. Serta skor kompetensi sosial anak perempuan lebih tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa hubungan antara seluruh aspek profil sensori dapat berdampak beragam dengan kompetensi sosial pada anak prasekolah.

At preschool age, children experience an increase in creative thinking, language, and behaviour. Social competence during this stage has a long-term impact on development into adulthood. It is suspected that social competence is closely related to sensory processing, but research on this relationship remains limited, especially in typical children. Thus, this study aims to look at the relationship between sensory and social competence in preschool children in Indonesia. 56 children aged 3-6 years were sampled from TKIT Insan Aulia and TKIT YAPIDH. The measuring instruments used were Short Sensory Profile (SSP) and Social Competence Scale Parent Version (SCS-PV) through questionnaires. Comparative analysis showed that children with better sensory profiles had significantly higher social competence (p = 0.035). Correlation analysis revealed a positive but statistically non-significant relationship (r = 0.100; p = 0.222). Further analysis found a significant correlation between under-responsiveness/sensation seeking and emotion regulation (r = 0.267; p = 0.047). The study also found that sensory profiles were not influenced by age, gender or education, while social competence was higher in girls. This study concludes that the relationship between all aspects of sensory profile can have a diverse impact on social competence in preschool children.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Sabrina Luthfiyah Nisa.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 20 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-32491789 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920574340
Cover