UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Peranan Growing Patch Daycare dalam Menggunakan Augmented Reality terhadap Minat Belajar Anak = The Role of Augmented Reality in Enhancing Children's Learning Interest at Growing Patch Daycare

Nediva Fiona Kaori Adam; Ngurah Rangga Wiwesa, supervisor; Kacaribu, Marina, examiner (Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peranan teknologi Augmented Reality (AR) dalam mendukung minat belajar anak-anak di Growing Patch Daycare. Menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi partisipatif anak-anak serta wawancara mendalam dengan tenaga pendidik. Hasil temuan menunjukkan bahwa penerapan AR memberikan dampak terhadap proses pembelajaran, khususnya dalam menghadirkan pengalaman baru yang bersifat interaktif dan menarik perhatian anak. Meskipun tidak secara langsung meningkatkan minat belajar secara signifikan, AR berfungsi sebagai sumber belajar alternatif yang mampu merangsang rasa ingin tahu, terutama karena sifatnya yang masih relatif baru dan belum umum digunakan oleh anak-anak. Para pendidik juga mengamati bahwa teknologi ini berpotensi mendukung variasi dalam metode pembelajaran, meskipun masih memerlukan adaptasi serta pendampingan dalam implementasinya. Secara keseluruhan, AR memiliki potensi sebagai media pendukung pembelajaran yang dapat memperkaya pengalaman edukatif anak usia dini.

This study aims to explore the role of Augmented Reality (AR) technology in supporting children's learning interest at Growing Patch Daycare. Using a qualitative approach, data were collected through participatory observation of the children and in-depth interviews with educators. The findings indicate that AR contributes to the learning process by offering novel, interactive experiences that capture children’s attention. While it may not directly increase learning interest in a significant way, AR serves as an alternative learning medium that stimulates curiosity—particularly due to its relatively new and unfamiliar nature among young children. Educators also noted that AR holds potential to diversify teaching methods, though its implementation still requires adaptation and guided assistance. Overall, AR presents itself as a promising supplementary tool to enrich early childhood educational experiences.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Nediva Fiona Kaori Adam.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 41 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-71856787 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920574384
Cover