Jumlah wirausahawan dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia terus meningkat, namun tingkat keberlanjutan bisnis UMKM masih sangat bergantung pada kemampuan pengusaha atau pemilik bisnis. Selain kemampuan mengelola bisnis secara umum, aspek keuangan membutuhkan pemahaman dan keahlian dari Pengusaha. Penelitian ini menganalisis bagaimana literasi keuangan memengaruhi perilaku kewirausahaan khususnya di sektor Food and Beverages (FnB) di wilayah Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana sebanyak 213 pemilik UMKM mengisi kuesioner yang disebar secara online dengan metode pengisian self-administered. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan antara literasi keuangan dan perilaku kewirausahaan, dengan sikap keuangan dan perilaku keuangan berpengaruh positif terhadap perilaku kewirausahaan. Temuan ini menyarankan bahwa peningkatan literasi keuangan dapat memperbaiki perilaku kewirausahaan, yang berkontribusi pada keberlanjutan bisnis yang lebih baik. Wawasan ini penting bagi para pemangku kepentingan untuk mempromosikan literasi keuangan sebagai faktor kunci dalam kesuksesan UMKM di Indonesia.
Despite the growing number of entrepreneurs in Indonesia, the survival rate of micro, small and medium enterprises (MSMEs) remain low due to a lack of financial literacy among owners. This study explores how financial literacy influences entrepreneurial behavior and its impact on the success of UMKM, particularly in the Food and Beverages sector in Jabodetabek. This study uses a quantitative approach, where 213 SME owners filled out a questionnaire distributed online using self-administered. Descriptive statistics and simple linear regression were employed to analyze the data. The results indicate a significant positive effect of financial literacy on entrepreneurial behavior, with financial attitude and financial behavior positively influencing entrepreneurial behavior. The findings suggest that improving financial literacy can enhance entrepreneurial behavior, contributing to better business sustainability. These insights are valuable for stakeholders to promote financial literacy as a key driver for UMKM success in Indonesia.