UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Compulsive Buying in Trendy Tumbler Brands: The Role of Fear of Missing Out and Brand Passion (Insights from Indonesia) = Pembelian Kompulsif pada Merek Tumbler yang Sedang Tren: Peran Fear of Missing Out dan Brand Passion (Wawasan dari Indonesia)

Muhammad Kevin Halim; Karto Adiwijaya, supervisor; Ulian Taurin Malik, examiner; Elevita Yuliati, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025)

 Abstrak

Penelitian ini mengkaji peran Fear of Missing Out (FoMO) dan Brand Passion dalam perilaku pembelian kompulsif pada merek tumbler yang sedang tren di Indonesia. Model penelitian ini mengadaptasi dari penelitian sebelumnya, dengan modifikasi pada unit analisis, studi kasus, dan sampel responden untuk lebih sesuai dengan konteks produk tumbler yang sedang tren. Desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif konklusif digunakan, dengan mengumpulkan data primer melalui kuesioner elektronik yang didistribusikan melalui Google Forms. Metode sampling non-probabilitas, khususnya judgmental sampling, digunakan untuk mengumpulkan respons dari 201 peserta yang telah membeli merek tumbler yang sedang tren seperti Corkcicle, Hydroflask, Stanley, atau Owala dalam tiga tahun terakhir. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS dan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa FoMO berpengaruh signifikan terhadap Obsessive Brand Passion, yang pada gilirannya berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif dan pembelian obsesif-kompulsif. Namun, Harmonious Brand Passion tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian ini. Penelitian ini juga mengonfirmasi bahwa FoMO memediasi hubungan antara Obsessive Brand Passion dan kecenderungan pembelian kompulsif, dengan usia memoderasi pengaruh FoMO terhadap Obsessive Brand Passion.

This study investigates the role of Fear of Missing Out (FoMO) and brand passion in influencing compulsive buying behavior related to trendy tumbler brands in Indonesia. The research model is adapted from previous studies, with modifications made to the unit of analysis, case studies, and respondent pool to better reflect the context of trendy tumbler products. A quantitative research design with a conclusive descriptive approach was employed, utilizing primary data collected through electronic questionnaires distributed via Google Forms. A non-probability sampling method, specifically judgmental sampling, was used to gather responses from 201 participants who have purchased trendy tumbler brands such as Corkcicle, Hydroflask, Stanley, or Owala in the last three years. The collected data were analyzed using SPSS and SmartPLS software. The results indicate that FoMO significantly influences Obsessive Brand Passion, which in turn significantly affects both impulsive buying and obsessive-compulsive buying behaviors. However, Harmonious Brand Passion did not show a significant effect on these buying behaviors. Additionally, the study confirms that FoMO serves as a mediator in the relationship between Obsessive Brand Passion and compulsive buying tendencies, with age moderating the effect of FoMO on Obsessive Brand Passion.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Muhammad Kevin Halim.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xviii, 96 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-21323264 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920574475
Cover