UI - Skripsi Membership :: Back

UI - Skripsi Membership :: Back

Financial Literacy and Its Impact on Objective-Oriented Investment Behavior Among Generation Z in Jabodetabek = Literasi Keuangan dan Pengaruhnya terhadap Perilaku Investasi Berorientasi Tujuan pada Generasi Z di Jabodetabek

Clarissa Arditha Putri; Karina Wulandari, supervisor; Permata Wulandari, examiner; Muhammad Budi Prasetyo, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025)

 Abstract

Penelitian ini mengkaji dampak literasi keuangan terhadap perilaku investasi berorientasi tujuan pada Generasi Z di wilayah Jabodetabek, Indonesia. Data primer dikumpulkan melalui survei terhadap responden Gen Z berusia 17–28 tahun dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan SmartPLS. Penelitian ini mengeksplorasi efek langsung, mediasi, dan moderasi di antara variabel literasi keuangan, efikasi diri keuangan, dan sikap terhadap risiko. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif terhadap efikasi diri keuangan maupun perilaku investasi berorientasi tujuan. Namun, efikasi diri keuangan memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap perilaku investasi, serta tidak berperan sebagai mediator yang signifikan antara literasi keuangan dan perilaku investasi. Sikap terhadap risiko juga tidak ditemukan berpengaruh moderasi yang signifikan pada hubungan antara efikasi diri keuangan dan perilaku investasi. Temuan ini memberikan wawasan mengenai determinan perilaku investasi pada investor muda serta menyoroti perlunya perancang kebijakan untuk merancang inisiatif edukasi keuangan yang lebih tepat sasaran guna mendorong praktik investasi yang bijak di kalangan generasi ini.

This study examines the impact of financial literacy on objective-oriented investment behavior among Generation Z in Jabodetabek, Indonesia. Primary survey data were collected from Gen Z respondents aged 17-28 and analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) with SmartPLS. The research explores the direct, mediating, and moderating effects among financial literacy, financial self-efficacy, and risk attitude. The results indicate that financial literacy positively influences both financial self-efficacy and objective-oriented investment behavior. However, financial self-efficacy has a significant negative effect on investment behavior and does not significantly mediate the relationship between financial literacy and investment behavior. Risk attitude is also found not to significantly moderate the relationship between self-efficacy and investment behavior. These findings provide insights into the determinants of investment behavior among young investors and highlight the need for policymakers to design targeted financial education initiatives that effectively foster prudent investment practices within this demographic.

 Digital Files: 1

Shelf
 S-Clarissa Arditha Putri.pdf :: Download

LOGIN required

 Metadata

Collection Type : UI - Skripsi Membership
Call Number : S-pdf
Main entry-Personal name :
Additional entry-Personal name :
Additional entry-Corporate name :
Study Program :
Subject :
Publishing : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
Cataloguing Source LIbUI eng rda
Content Type text
Media Type computer
Carrier Type online resource
Physical Description xii, 80 pages : illustration + appendix
Concise Text
Holding Institution Universitas Indonesia
Location Perpustakaan UI
  • Availability
  • Review
  • Cover
Call Number Barcode Number Availability
S-pdf 14-25-56865029 TERSEDIA
Review:
No review available for this collection: 9999920575468
Cover