UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan Paparan Media dengan Stigma HIV pada Mahasiswa Rumpun Ilmu Kesehatan = Relationship Between Media Exposure and HIV Stigma Among Health Science Students

Dimas Dwi Nugraha; Sri Yona, supervisor; Anggi Noorana Zahra, examiner; Agung Waluyo, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2025)

 Abstrak

Mahasiswa kesehatan sebagai calon tenaga kesehatan berperan penting dalam pelayanan HIV bebas stigma. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara paparan media dan stigma HIV pada mahasiswa rumpun ilmu kesehatan. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan deskriptif analitik. Sebanyak 365 mahasiswa yang dipilih secara convenience sampling mengisi kuesioner daring. Paparan media dan stigma diukur menggunakan kuesioner berskala Likert, lalu dikategorikan menjadi rendah dan tinggi. Data dianalisis menggunakan uji Chi-Square. Hasil menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara paparan media dan stigma HIV (p = 0,020). Sebagian besar responden memiliki tingkat paparan media dan stigma HIV yang rendah. Temuan ini menunjukkan bahwa faktor lain seperti materi kuliah juga berperan dalam membentuk sikap non-diskriminatif mahasiswa. Institusi pendidikan disarankan memperkuat kurikulum berbasis etika dan inklusi. Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi faktor-faktor lain yang memengaruhi stigma.

Health students as future healthcare professionals play a key role in delivering stigma-free HIV care. This study aimed to examine the relationship between media exposure and HIV stigma among health science students. A quantitative design with a descriptive analytic approach was used. A total of 365 students selected through convenience sampling completed an online questionnaire. Media exposure and stigma were measured using Likert-scale instruments and categorized into low and high levels. Chi-Square test was used to analyze the data. Results showed a significant relationship between media exposure and HIV stigma (p = 0.020). Most respondents had low levels of media exposure and stigma. These findings suggest that other factors, such as academic courses, may shape students' non-discriminatory attitudes. Educational institutions are advised to strengthen ethics-based and inclusive curricula. Future research could explore additional factors influencing stigma.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Dimas Dwi Nugraha.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2025
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LIbUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 57 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-77919160 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920575543
Cover