UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Adaptasi Budaya pada Pengungsi Arab di Lembaga Pendidikan Help for Refugees Indonesia = Cultural Adaptation of Arab Refugees at The Educational Institution of Help for Refugees Indonesia

Shafia Naqia; Ade Solihat, supervisor; Apipudin, examiner; Suranta, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025)

 Abstrak

Pengungsi di Indonesia masih dipandang negatif karena menjadi ancaman bagi masyarakat. Pengungsi tersebar dari berbagai wilayah, termasuk dari negara-negara Arab. Dalam prosesnya, terjadi adaptasi lintas budaya atau cross-cultural antara pengungsi dengan sesama pengungsi dan masyarakat lokal. Di Indonesia, terdapat sebuah lembaga pendidikan untuk anak-anak refugees belajar menyesuaikan diri di lingkungan yang baru. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat proses adaptasi budaya dari pengungsi Arab di lembaga Help for Refugees melalui bahasa sebagai sarana komunikasi. Dalam mendapatkan hasil yang konkrit, dilakukan penelitian lapangan dengan metode kualitatif melalui teknik observasi dan wawancara. Hasil yang didapatkan berdasarkan data lapangan yaitu, kesadaran terhadap perbedaan budaya menjadi pemicu dari sebuah adaptasi budaya. Faktor yang menjadikan adaptasi budaya berhasil karena adanya keinginan belajar dari setiap individu dengan didorong oleh lingkungan keluarga, teman, serta masyarakat lokal. Help for Refugees sebagai komunitas turut membantu para pengungsi dalam melakukan adaptasi melalui komunikasi dan memenuhi pendidikan mereka.

Refugees in Indonesia are still viewed negatively because they are seen as a threat to society. Refugees come from various regions, including Arab countries. In the process, cross-cultural adaptation occurs between refugees and fellow refugees and the local community. In Indonesia, there is an educational institution where refugee children learn to adapt to their new environment. The aim of this study is to examine the cultural adaptation process of Arab refugees at the Help for Refugees institution through language as a means of communication. To obtain concrete results, field research was conducted using qualitative methods, including observation and interviews. The findings based on field data indicate that awareness of cultural differences serves as a catalyst for cultural adaptation. The success of cultural adaptation is attributed to the willingness to learn among individuals, driven by family, friends, and the local community. Help for Refugees, as a community, assists refugees in adapting through communication and fulfilling their educational needs.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Shafia Naqia.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LIbUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : iv, 25 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-25-14540396 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920575702
Cover