UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis Kualitas Layanan Studio Blackbox terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Pendekatan Commitment-Trust Model = Analyzing Service Quality of Blackbox Studio on Customer Loyalty Using the Commitment-Trust Model

Khanza Salsabila Yusuf; Nugraha, supervisor; Flora Aninditya, examiner; Hasyim Asy`ari, examiner (Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan Studio Blackbox berteknologi XR di PT Produksi Film Negara (PFN) dengan menggunakan pendekatan Commitment-Trust Model. Penelitian ini juga mengevaluasi peran trust dan commitment sebagai variabel mediasi dalam hubungan tersebut. Kualitas layanan diukur berdasarkan lima dimensi SERVQUAL: tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Metode yang digunakan adalah mixed methods dengan pendekatan explanatory sequential design. Data kuantitatif diperoleh dari 54 responden melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM), sedangkan data kualitatif diperoleh dari wawancara mendalam dan dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap trust (β = 0.722; p < 0.05) dan commitment (β = 0.685; p < 0.05). Namun, kualitas layanan tidak berpengaruh langsung terhadap loyalitas, commitment terbukti memediasi pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas secara signifikan, sedangkan trust tidak berperan sebagai mediator yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan loyalitas pelanggan harus disertai dengan strategi yang dapat menumbuhkan kepercayaan dan komitmen terlebih dahulu.

This study aims to analyze the effect of service quality on customer loyalty of the XR-based Blackbox Studio at PT Produksi Film Negara (PFN) using the Commitment-Trust Model approach. The study also evaluates the mediating roles of trust and commitment in this relationship. Service quality is measured based on the five SERVQUAL dimensions: tangibles, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. The research adopts a mixed methods approach with an explanatory sequential design. Quantitative data were collected from 54 respondents through questionnaires and analyzed using Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM), while qualitative data were obtained through in-depth interviews and analyzed thematically. The results show that service quality has a positive and significant effect on trust (β = 0.722; p < 0.05) and commitment (β = 0.685; p < 0.05). However, service quality does not have a direct effect on loyalty. Commitment is proven to significantly mediate the effect of service quality on loyalty, while trust does not play a significant mediating role. These findings indicate that in order to enhance customer loyalty, strategies must first foster both trust and commitment.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Khanza Salsabila Yusuf.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ida rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 69 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI; Ruang Baca Vokasi (Full Text)
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-25-66194187 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920577968
Cover