Ditemukan 140 dokumen yang sesuai dengan query
[Latar belakang. Gangguan interaksi sosial merupakan karakteristik utama dari
gangguan spektrum autisme (GSA), selain itu 59-79% anak GSA dilaporkan
mengalami gangguan gerak. Gangguan gerak merupakan komorbiditas yang mungkin
memengaruhi kemampuan sosialisasi anak GSA. Hingga saat ini belum ada data
mengenai gangguan gerak kasar pada anak GSA di Indonesia, termasuk kemungkinan
kaitannya dengan kemampuan sosialisasi.
Tujuan. Penelitian...
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2013
SP-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Stillman, William, author
San Francisco: Jossey-Bass, 2009
618.928 STI e
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Palupi, Lucky, author
ABSTRAK
Autisme kini telah menjadi bahan pembicaraan sehari-hari dan tidak asing
lagi bagi masyarakat. Tidak sedikit anak-anak yang telah didiagnosa menyandang
autis maupun gangguan lain dalam spektrum autis. Anak-anak autis memiliki
gangguan pada aspek interaksi sosial, komunikasi, dan imajinasi. Gangguan ini
menyebabkan mereka tidak dapat berkembang dan bersosialisasi layaknya anak
normal. Salah satu kegiatan yang terhambat...
2004
S3338
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
New York: John Wiley & Sons, 1997
618.928 982 HAN
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Fikni Mutiara Rachma, author
Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh sikap amanah dan kecerdasan emosional terhadap self-efficacy orang tua dalam mengasuh anak autis. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi untuk memberikan tambahan informasi dan sebagai landasan dalam melakukan penelitian lebih lanjut, khususnya di bidang psikologi perkembangan dengan mengadopsi nilai dan ajaran Islam. Populasi dalam penelitian...
Depok: Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Tri Wahyu Retno Ningsih, author
ABSTRAK
Autisme atau Autism Spectrum Disorder (ASD) merupakan gangguan spektrum yang dihubungkan dengan gangguan pada aspek sosial dan aspek kognitif. Gangguan autisme tersebut berdampak terhadap gangguan kebahasaan, yaitu abnormalitas prosodi. Tujuan penelitian ini adalah merumuskan karakteristik prosodi pada penutur ASD. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan eksperimental atau model IPO Instituut...
2017
D2347
UI - Disertasi (Membership) Universitas Indonesia Library
Nugroho Danu Tri Subroto, author
Latar Belakang: Angka prevalensi GSA semakin meningkat dan kekhawatiran orang tua tentang kondisi anaknya, mendorong dilakukannya skrining deteksi dini GSA. Beberapa tanda untuk deteksi dini GSA yaitu 1) respon terhadap godaan, 2) respon ketika dipanggil dan 3) respon terhadap penghambatan. Terdapat tanda lain yang dapat digunakan sebagai deteksi dini GSA,...
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2019
SP-pdf
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Ezra Dessabela Isnannisa, author
Kesulitan menjalin komunikasi adalah salah satu fitur utama pada Autism Spectrum Disorder (ASD). Anak dengan ASD cenderung memiliki gangguan pemrosesan sensori yang berdampak pada defisit kemampuan komunikasi. Hal tersebut membuat anak membutuhkan bantuan pengasuh untuk meregulasi diri sebelum dapat menjalin komunikasi dengan orang lain. Salah satu intervensi yang membantu meningkatkan...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T54264
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Mayang Gita Mardian, author
Anak-anak dengan autism spectrum disorder (ASD) mengalami hambatan dalam komunikasi dan interaksi sosial. Salah satu defisit yang tampak adalah kurangnya joint attention, padahal kemampuan tersebut penting bagi anak untuk membangun komunikasi serta interaksi timbal balik dengan orang lain. Developmental, Individual Differences, Relationship-Based (DIR)/Floortime merupakan salah satu intervensi bagi anak-anak dengan...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T45349
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Frederika Antoinette Ketting Olivier, author
Perilaku agresif pada anak dengan autisme dengan disabilitas intelektual merupakan masalah yang sering dihadapi oleh guru-guru di sekolah. Penanganan yang tepat perlu dilakukan untuk mengatasi masalah perilaku agresif agar perilaku tersebut tidak menetap dan tidak menghalangi proses pengembangan kemampuan pada anak. Penelitian dengan desain single subject experimental design, menggunakan teknik...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T46561
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library