Hasil Pencarian  ::  Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 71 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Indri Kusumawati, author
ABSTRAK
Berkurangnya aspal minyak akibat keterbatasan bahan baku minyak bumi yang bersifat non-renewable, memerlukan bahan alternatif untuk memenuhi kebutuhan aspal yang semakin meningkat setiap tahunnya. Biomassa yang bersifat renewable dan mengandung lignin dapat dipirolisis menghasilkan produk cair (bio-oil). Fraksionasi terhadap bio-oil tersebut menghasilkan bioaspal. Pada penelitian ini digunakan bahan baku biomassa...
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43196
UI - Skripsi (Open)  Universitas Indonesia Library
cover
Ullidtz, Per
Amsterdam: Elsevier, 1987
625.8 ULL p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Pusat Perbelanjaan adalah tempat yang selalu menjadi tujuan perjalanan manusia, yang dalam hal ini dapat mengakibatkan aktivitas dan moblilitas pejalan kaki disekitarnya menjadi sangat tinggi. Pergerkan pejalan kaki tentu saja memerlukan fasilitas untuk bergerak yaitu trotoar guna menghindari interaksi dengan kendaraan yang dapat mengakibatkan kecelakaan. Pada kenyataanya trotoar sekarang sudah...
507 JPS 3:2 (2007)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Maya Fricilia, author
Salah satu hal yang menyebabkan cepatnya kerusakan perkerasan jalan yaitu akibat kurang terpeliharanya sistem drainase jalan. Sistem drainase jalan berfungsi untuk mengeringkan perkerasan jalan atau mengalirkan air agar secepat mungkin keluar dari permukaan jalan dan selanjutnya dialirkan lewat saluran samping menuju pembuangan akhir. Kerusakan perkerasan akan mengganggu kenyamanan dan keselamatan...
2016
T47790
UI - Tesis (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Lapisan perkerasan jalan umumnya dapat berupa jenis perkerasan lentur dengan bahan pengikat aspal atau jenis perkerasan kaku dengan bahan pengikat semen. Dalam mendesain suatu lapison perkerasan jalan, yang perlu diperhitungkan adalah kebutuhan tebal perkerasan untuk mendukung dan melayani beban lallrlintas selama umur rencana perkerasan jalan tersebut. Perhitungan tebal perkerasan merupakan...
537 JIEK 1:1 (2008)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Kondisi perkerasan akan mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Perubahan yang terjadi mengakibatkan perubahan kecepatan rata-rata lalu-lintas yang dapat dicapai. Semakin baik kondisi perkerasan maka kecepatan yang bisa dicapai juga semakin tinggi. Tingkat kecepatan kendaraan juga turut mempengaruhi perkembangan lalu-lintas. Karya tulis ini membahas tentang konsep dan pendekatan yang diambil dalam...
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S34786
UI - Skripsi (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Wirdatun Nafiah Putri, author
ABSTRACT
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh suhu pemadatan terhadap indeks workabilitas pada HRA (HRS-WC) yang menggunakan filler abu vulkanik Gunung Sinabung, dan untuk mengetahui pengaruh suhu pemadatan terhadap karakteristik Marshall pada HRA (HRS-WC) yang menggunakan filler abu vulkanik Gunung SinabungPengujian dilakukan dengan menggunakan tiga variasi suhu pemadatan yaitu...
Medan: Politeknik Negeri Medan, 2017
338 PLMD 20:1 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Alfanov Khrisma, author
Reclaimed Asphalt Pavement (RAP) berasal dari hasil pengerukan jalan dalam kondisi perbaikan dimana RAP tersebut masih mengandung komponen aspal dan agregat dengan tujuan dapat digunakan kembali. Penelitian ini menghasilkan campuran beraspal dengan variasi kadar RAP 35%, 45%, 51.55% dan variasi kadar aspal 5%, 6%, 7% dengan total jumlah sampel 27...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Rieva Fahamsyah, author
Jalan disebut ideal secara teknis dan fungsinya, diantaranya kuat, aman, nyaman dan bersih. Secara harfiah kuat artinya konstruksi jalan dapat menahan beban kendaraan dan memenuhi syarat teknis. Guna mempertahankan tingkat kenyamanan jalan maka diperlukan suatu program pemeliharaan jalan agar jalan tersebut masih mantap jika digunakan. Untuk menghitung besarnya biaya pemeliharaan...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S35828
UI - Skripsi (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Panji Arrie Priyadi, author
Faktor-faktor pengaruh penyebab kerusakan jalan yang paling sering dianggap menjadi masalah bagi masyarakat diantaranya yaitu faktor curah hujan yang tinggi di wilayah Jabodetabek, faktor sistem drainase yang kurang berfungsi dengan baik dan juga faktor persentase kendaraan berat yang melintas di suatu ruas jalan. Di samping faktor-faktor tersebut mungkin masih banyak...
2008
S35171
UI - Skripsi (Open)  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8   >>