Ditemukan 19 dokumen yang sesuai dengan query
Purba, Kaspar, author
Banyak industri komponen otomotif yang menggunakan paduan AC4B dalam proses pengecoran cylinder head karena kelebihannya di antara paduan aluminium lainnya. Kelebihan paduan AC4B antara lain ringan, kuat, tahan korosi dan mampu dilakukan proses perlakuan panas. Cylinder head memiliki dimensi yang cukup rumit sehingga adanya perbedaan kecepatan pembekuan antara bagian tebal...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S41636
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Budi Lesmana, author
Paduan AC4B (standar JIS) atau paduan 333.0 as-cast (standar AA) secara komersial banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan komponen pada industri manufaktur otomotif. Diketahui sering terjadi reject karena kegagalan yang terjadi pada pembuatan komponen otomotif, diantaranya adalah shrinkage dan porosity. Pendinginan yang tidak stabil atau tidak merata dapat menyebabkan shrinkage...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S41783
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Adinda Dita Dwi Lestari, author
ABSTRAK
Proses fabrikasi dan penelitian terhadap material komposit bermatriks Aluminium AC4B dengan penambahan penguat Boron Karbida (B4C) dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan karakteristiknya seperti ketangguhan, kekuatan impak, dan kekuatan...
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Benny Alexander, author
Komposit matriks aluminium menjadi salah satu material dengan aplikasi yang luas, karena sifat mekaniknya yang baik namun dengan bobot yang relatif ringan. Dalam penelitian ini, sebuah studi literatur dilakukan untuk mengetahui pengaruh penambahan partikel penguat nano-alumina terhadap karakteristik mekanik dan mikrostruktur komposit matriks AC4B (Al-Si-Cu) yang dibuat dengan metode pengecoran...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
M. Husni Harion, author
Aluminium adalah material yang banyak digunakan dalam industri otomotif karena sifatnya yang ringan, kuat dan tahan korosif. Salah satu penggunaanya untuk komponen cylinder head, komponen ini menggunakan jenis paduan aluminium AC4B dengan proses low pressure die casting. Namun produk yang dihasilkan dalam proses pengecoran ini banyak ditemukan kegagalan seperti porositas,...
2008
S41735
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Daniel Julian Kharistal, author
Paduan AC4B merupakan paduan Al - Si - Cu yang banyak digunakan dalam proses pengecoran komponen otomotif, khususnya cylinder head. Karakteristik dari paduan ini adalah sifatnya yang kuat, ringan, tahan korosi, dan dapat dilakukan proses perlakuan panas. Salah satu masalah yang sering ditemui pada proses pengecoran Low Pressure Die Casting...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S41637
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Mohcamad Fani Indarto, author
Paduan aluminium AC4B umum digunakan untuk komponen cylinder head dengan metode Low Pressure Die Casting (LPDC). Penambahan unsur stronsium dan titanium dimaksudkan untuk mengurangi kegagalan yang terjadi pada proses pengecoran akibat cacat, diantaranya penyusutan, porositas, dan misrun. Selain itu, untuk meningkatkan kekerasan dari paduan perlu dilakukan pengerasan penuaan. Faktor yang...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51661
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Abdul Latief, author
Penambahan unsur stronsium dan titanium pada paduan aluminium AC4B yang biasa digunakan sebagai komponen cylinder head, bertujuan untuk mengurangi kegagalan yang terjadi pada proses pengecoran akibat cacat, diantaranya penyusutan, porositas, dan misrun. Selain itu, untuk meningkatkan kekerasan dari paduan perlu dilakukan pengerasan penuaan.
Studi ini dilakukan untuk melihat pengaruh temperatur...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S601
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Aulia Fitriani, author
Pada era ini, Aluminum AC4B telah banyak diaplikasikan untuk komponen kendaraan salah satunya adalah torak. Torak berperan sebagai penekan udara masuk dan penerima tekanan hasil pembakaran pada ruang bakar dan tersambung ke bagian poros engkol. Namun terdapat masalah-masalah seperti keausan dan penggunaan pelumas yang boros yang harus diatasi dengan ide...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S64727
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library