Hasil Pencarian  ::  Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 74 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Eko Warsito, author
Penelitian fenomena nyala api dari aspek temperatur sangat diperlukan untuk keperluan aplikasinya. Berdasarkan distribusi temperatur nyala api pembakaran maka dapat diketahui temperatur nyala api pada jarak tertentu. Hal ini sangat bermanfaat dalam perancangan burner sehingga pemanfaatan nyala api sebagai basil pembakaran dapat lebih optimal. Pada tesis ini telah dilakukan pengukuran temperatur...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
T24417
UI - Tesis (Open)  Universitas Indonesia Library
cover
Edi Wibowo, author
Beberapa Kahan bakar gas menpunyai karakteristik nyala yang berbeda pada bunsen burner tergantung pada rasio perbandingan bahan bakar dengan udara. Penambahan gas inert pada oksigen dalam sumber reaksi pembakaran dapat mempengaruhi karakteristik nyala tergantung pada komposisi fraksi yang terbentuk, Untuk itu dalam studi yang dilakukan secara eksperimental ini akan dibahas...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
T10164
UI - Tesis (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Silaen, Berto, author
Penelitian ini mempelajari pengaruh variasi tinggi nosel dan rasio udara-bahan bakar (AFR) terhadap panjang api pada burner jet mixing combustor. Pada burner ini semprotan bahan bakar dari nosel tipe hollow cone 80° ditubruk dengan semburan udara yang memiliki sudut sembur 60°. Nyala api diamati dan dipelajari. Dari penelitian ini akan...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
T16916
UI - Tesis (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad khayam, author
Salah satu alternatif pengendalian polusi udara dari emisi gas buang kendaraan bermator yaitu menggunakan catalytic converter. Namun penggunaanya terbatas, disebabkan terbatasnya rentang AFR, meningkatnya gas aldehyde ketika menggunakan campuran bensin-oksigenat selain gas bermacam lainnya seperti CO & UHC serta meningkatnya turunnya tekanan gas buang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahul kinerja catalytic...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
T3504
UI - Tesis (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Totok Prasetyo, author
Faktor-faktor yang mempengamhi tinggi nyala dn stabititasfnyala bahan bakar LPG_Propana dan Mefhana yang keluar dari tabung pembakaran pada tekanan dan temperatur atmosphere diselidiki secara eksperimental. Tinggi nyala pada penelitian ini diteliti berdasarkan stabilitas intemal (variasi campuran bahan bakar dengan udara), serta pengaruh difusi thermal dan difusi masse terhadap tinggi nyala...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
T5954
UI - Tesis (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Nugraha W.S., author
Motor diesel sebagai motor bakar dengan prinsip kerja "Pressure Ignition" dapat menggunakan "Cyclone" pada "air intake manifold" untuk menimbulkan efek olakan dalam pola pemasukan udara sehingga terjadi pencampuran yang homogen agar kinerjanya meningkat. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perubahan sudut pengarah cyclone terhadap perubahan kinerja motor, dilakukan percobaan. Berdasarkan hasil pengujian,...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S37688
UI - Skripsi (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyu Hidayat, author
Penggunaan sumber daya energi buatan pada industri saat ini menimbulkan masalah baru bagi manusia itu sendiri yaitu masalah lingkungan. Salah satu alternatif yang mulai dipergunakan sekarang ini adalah sumber daya alami dari unsur hidrokarbon, yaitu propana. Inti dari percobaan yang dilakukan ini adalah untuk mengetahui perbandingan besarnya energy ignition antara...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S37668
UI - Skripsi (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Mulyawan, author
Peningkatan kualitas kinerja motor bakar selalu berkembang dari waktu ke waktu. Semakin maju teknologi semakin tinggi standar kualitas kerja yang dituntut oleh masyarakat. Setiap penggunaan motor bakar selalu- memberi dampak samping yang negatif ke Iingkungan. Salah satu dampak negatif yang ditimbulkan dari motor bakar adalah polusi gas buang hasil pembakaran...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S37664
UI - Skripsi (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Danu Wasito, author
Mesin diesel merupakan mesin yang paling banyak digunakan di masyarakat Hal ini dikarenakan mesin diesel dapat menghasilkan tenaga yang Iebih besar dan lebih irit. Banyaknya kegunaan mesin dieseljuga menjadikan mesin diesel sebagai penyumbang emisi gas buang terbanyak. Emisi gas buang yang tidak normal menandakan kendaaran boros dan menyebabkan polusi. Dalam...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S37682
UI - Skripsi (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Himawan Kunto Dewoto Aji, author
Pada motor diesel hal yang sangat diharapkan adalah kinerja yang baik. Kondisi yang ada sekarang, Motor Diesel memiliki kinerja yang masih dibawah motor bakar lainnya, walupun tingkat kehematan bahan bakar tidak diragukan. Untuk meningkatkan kinerja Motor Diesel dapat menggunakan Turbojet Accelerator yang dipasang sebelum ruang pembakaran. Alat ini mampu untuk...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S37065
UI - Skripsi (Membership)  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8   >>